Sukses

9 Kebiasaan Makan yang Harus Dilakukan Saat Usia 40-an

Liputan6.com, Jakarta Berumur 40 tahun bisa menjadi sebuah pencapaian yang luar biasa. Ada banyak yang sudah terjadi dalam hidup Anda. Mungkin sudah berkeluarga, sukses untuk urusan karier, atau bahkan sedang asyik menikmati perjalanan yang menyenangkan.

Namun, jangan lupa jika memasuki usia 40 tahun, justru makin banyak hal yang harus Anda perhatikan soal gaya hidup. Dikutip dari Brightside pada Sabtu (23/6/2018) ada beberapa kebiasaan makan yang sudah sepatutnya diperhatikan ketika memasuki usia 40 tahun.

Kebiasaan makan ini akan mempengaruhi tubuh Anda dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Kebiasaan makan apa sajakah itu?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Dorong kembali metabolisme tubuh

Ada beberapa alasan metabolisme seseorang menjadi menurun ketika ia semakin berusia. Untuk itu, Anda harus meningkatkan metabolisme dengan menjaga pola makan. Jangan pernah lewatkan jam makan dan lebih seringlah untuk makan. Akan lebih baik jika tambahkan protein dalam asupan Anda.

2. Berikan gandum utuh

Untuk orang yang berusia di atas 40 tahun, lebih baik makan gandum utuh atau digiling tanpa membuang bijinya. Gandum utuh menjadi sumber vitamin B, potassium, magnesium, dan serat yang sangat baik. Ini akan membantu pencernaan dan mengurangi risiko jantung, obesitas, dan diabetes.

3. Makan kacang-kacangan

Kacang menjadi buah yang tinggi lemak, rendah karbohidrat, dan memiliki banyak nutrisi. Selain itu, kacang mengandung antioksidan yang melindungi sel dalam tubuh. Ini akan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko diabetes tipe II.

3 dari 4 halaman

4. Makan kacang lentil

Lentil merupakan kacang merah yang memiliki ukuran lebih kecil. Lentil sendiri menjadi sumber serat dan vitamin B9 yang akan mengurangi kadar kolesterol, mengurangi risiko jantung, diabetes, dan obesitas. Mineral selenium yang terdapat dalam lentil berfungsi untuk membantu melawan kanker dan asma kronis.

5. Sayangi usus

Produk seperti kefir, yogurt, dan kombucha mengandung probiotik yang membantu menjaga usus agar tetap sehat. Konsumsi produk ini setiap hari, terutama bagi wanita berusia 40 tahun yang mengalami gejala premenopause.

6. Konsumsi minyak ikan

Ikan menjadi sumber pangan yang baik karena mengandung lemak omega 3 dan vitamin D. Ini membantu Anda terhindar dari penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Tak hanya itu, ikan dapat membantu meredakan depresi hingga penyakit skizofrenia. Anda bisa konsumsi beberapa pilihan ikan, seperti salmon, herring, atau ikan sarden.

4 dari 4 halaman

7. Coba kopi hijau

Biji kopi hijau merupakan biji kopi yang belum pernah dipanggang sehingga memiliki lebih banyak nutrisi. Kopi jenis ini juga memiliki antioksidan tinggi yang melawan penuaan.

8. Makan lebih awal

Menurut sebuah penelitian oleh University of Pennsylvania, waktu makan menentukan kesehatan dan berat badan Anda. Orang yang makan pada siang hingga pukul 11 malam lebih berisiko terhadap kenaikan berat badan dan peningkatan kadar insulin. Sedangkan mereka yang makan pada pukul delapan pagi hingga tujuh malam akan memiliki lebih banyak energi.

9. Perbanyak kalsium

Seiring bertambahnya usia, kalsium dalam tubuh pasti cenderung berkurang. Untuk itu, Anda harus memperbanyak kalsium dengan mengonsumsi susu, salmon, sarden, kacang, dan almond. Beberapa produk susu mengandung kalsium yang tinggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.