Sukses

Pulau Bidadari Siap Jadi Digital Island yang Memanjakan Para Pengunjung, Ayo Tamasya!

Liputan6.com, Jakarta Mendengar nama Pulau Bidadari rasanya sudah tak asing lagi di telinga kita sebagai warga Jakarta. Pulau Bidadari masuk ke dalam Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Pulau Bidadari merupakan salah satu gugusan pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu yang dikembangkan sebagai kawasan wisata bahari. Merupakan pulau terdekat dengan Teluk Jakarta menjadikan Pulau Bidadari sebagai salah satu pulau yang cukup diminati oleh wisatawan.

Awal tahun 1970-an, PT Seabreez Indonesia (anak usaha PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk) mengelola pulau ini untuk dijadikan sebagai resor wisata, untuk menarik pengunjung, pulau ini berganti nama menjadi Pulau Bidadari.

Pemberian nama Pulau Bidadari pada tahun 1970 memberi pesan tersendiri karena pulau ini menyajikan keindahan alam dan juga sejarah yang panjang. Pulau seluas enam hektar tersebut menjadi obyek wisata dengan berbagai fasilitas serta sarana dan prasarana penunjang bagi masyarakat yang ingin berlibur.

 

PULAU BIDADARI JAMAN NOW - 2018

Sejak awal dibangun menjadi tempat wisata dan rehat sejenak tidak banyak perubahan yang dilakukan, sehingga banyak penginapan dan fasilitas yang kondisinya sudah tidak baik. Melihat kondisi tersebut sekaligus mengikuti perkembangan kebutuhan konsumen yang meningkat berwisata ke kepulauan seribu, maka sejak akhir 2017 dilakukan perombakan total di Pulau Bidadari.

“Dengan hadirnya nuansa baru di Pulau Bidadari kami berharap pengunjung dapat bernostalgia dengan kenangan Jakarta tempo dulu, namun tetap kekinian. Sehingga pengunjung bisa merasakan pengalaman yang baru dan berbeda berlibur di pulau ini. Direncanakan revitalisasi ini akan diselesaikan pada ulang tahun Jakarta yang ke 491 tahun ini” ujar C. Paul Tehusijarana, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

 

PULAU BIDADARI BERSOLEK

Mengusung konsep “The Soul of Batavia” kini Pulau Bidadari masih dalam proses perombakan. Pembenahan dilakukan mulai dari penataan ulang penginapan serta embience.

Nantinya pulau resort ini kental dengan unsur budaya yang dipadukan dengan teknologi. Infrastruktur yang mengimbangi kebutuhan dunia digital yang menjadi kebutuhan masyarakat terangkum dalam pulau ini.

Unsur budaya yang akan diangkat nantinya melekat dengan budaya Jakarta yang kental dengan nuansa budaya betawi yang dipadu padankan dengan budaya yang mempengaruhi kebudayaan betawi.

Bukan hanya memperkenalkan kepada masyarakat sekitar, para undangan yang hadir, dan awak media, namun pencanangan Pulau Seribu ini juga turut dihadiri dan disaksikan oleh Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno langsung terjun dari kapal bersama timnya untuk berenang dan menikmati langsung Pulau Bidadari dan disambut oleh Abang None Kepulauan Seribu dan kesenian-Palang Pintu, khas Betawi, sebelum masuk ke dalam.

"Terasa sekali ya The Soul of Batavianya, menarik sekali, karena ini adalah digital island yang pertama dari perkenalan/pencanangan ini. Selain ramah lingkungan, ternyata sudah ada fiber optic-nya yang mengelilingi Pulau Bidadari dan wifi sudah dipasang di beberapa spot, selain itu banyak spot yang instagramable untuk berfoto. Jadi yang ingin merasakan nuansa kebudayaan betawi wajib mengunjungi Pulau Bidadari ini," ujar Sandiaga di Pulau Bidadari, Sabtu (21/4/2018).

Pencanangan ini sekaligus sebagai tonggak awal revitalisasi wisata Pulau Seribu sekaligus menyambut HUT Jakarta dan perhelatan Asian Games 2018 mendatang.

Pulau ini dapat diakses melalui Dermaga Marina Ancol dengan lama perjalanan menuju pulau ini selama 30 menit.

Pulau Bidadari memiliki berbagai macam tipe kamar tidur dengan konsep baru bangunan khas rumah adat betawi yang siap memanjakan para wisatawan yang datang serta berbagai fasilitas lainnya yang memberikan kenyamanan selama tinggal di dalam pulau.

Rencananya akan selesai dan grand opening dilakukan pada HUT DKI Jakarta, Juni mendatang, jadi harap bersabar dan segera agendakan berlibur bersama keluarga ke Pulau Bidadari, Ancol, yuk!

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.