Sukses

3 Cara Cepat Mengendalikan Keuangan Anda

Ingin mengendalikan keuangan secara jelas? Intip bagaimana cara mengendalikannya secara cepat.

Liputan6.com, Jakarta Anda menghabiskan rata-rata 2444 jam mendapatkan uang tahun lalu, tapi berapa banyak waktu yang Anda dedikasikan untuk mengelolanya? Ini bisa menjadi sulit untuk dilakukan saat Anda sedang sibuk dengan kerja dan juga kehidupan sosial. Tapi tahun baru inilah saat terbaik untuk mulai mencatat keuangan Anda, seperti dilansir dari MyDomaine, Sabtu (20/1/2018).

Jika Anda Punya 10 Menit

Sasaran: Sejajarkan kalender dengan tujuan Anda.

Langkah Pertama: Jika Anda hanya punya waktu 10 menit, tidak masalah. Jangan membanjiri diri dengan mencoba menyelesaikan tugas yang membosankan dalam waktu singkat. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah memeriksa kalender Anda.

Perlakukan masalah finansial Anda dengan cara yang sama seperti Anda melakukan kesejahteraan fisik, dengan membuat janji. Seperti membuat waktu dalam jadwal untuk pergi ke gym atau menemui dokter, sisihkan waktu untuk mengelola uang Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jika Anda Punya Waktu Satu Jam

Menabung Bersama untuk Membeli Rumah Pertama. (Foto: static1.squarespace.com)

Tujuan: Mengidentifikasi milestones yang akan datang.

Langkah Pertama: Hampir tidak mungkin mengendalikan keuangan Anda tanpa mengetahui apa visi di masa depan. Jenn Imbeault, CFP, wakil presiden Fidelity Investments Shrewsbury Investor Center, mengatakan bahwa sangat penting untuk menyisihkan waktu untuk bertanya pada diri sendiri atau pasangan apa milestone besar yang terbentang di depan. Jika itu pernikahan, bagaimana saya membayarnya? Jika saya ingin membeli rumah suatu hari nanti, bagaimana mendapatkannya?

3 dari 3 halaman

Jika Anda Punya Waktu Satu Hari

Saat mendadak kaya, bukan berarti Anda harus menghamburkan uangnya, namun siasati cara mengelolanya untuk tabungan di hari tua.

Tujuan: Cari tahu anggaran Anda

Langkah Pertama: Seberapa sering Anda memeriksa anggaran untuk memastikannya berada di jalur yang benar? Jika jawabannya "jarang," habiskan satu siang untuk melihat anggaran dan memastikan anggaran tersebut masih relevan. Kemungkinan kebiasaan belanja, prioritas, dan bahkan penghasilan Anda telah berubah pada tahun lalu, jadi luangkan waktu untuk memastikan anggaran Anda akurat dan dapat dicapai.

(Jasmine Kusuma)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini