Sukses

5 Kota Destinasi Wisata yang Paling Banyak Dicari Sepanjang 2017

Liputan6.com, Jakarta Seiring perkembangan zaman, terjadi perubahan gaya traveling anak muda saat ini. Anak zaman sekarang atau anak milenial kini lebih sering menggunakan gawai mereka untuk merencanakan traveling, termasuk mencari tiket, menemukan promosi kamar hotel, hingga menentukan destinasi wisata apa yang akan dikunjungi.

Namun destinasi wisata di daerah mana saja di Indonesia yang paling banyak dicari sepanjang 2017? Putri Silalahi, Product Communications Lead Google saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (8/12/2017) mengatakan, ada lima daerah di Indonesia dengan beragam destinasi wisata yang paling banyak dicari pada mesin pencarian Google.

Berikut 5 destinasi wisata di Indonesia berturut-turut yang paling banyak dicari sepanjang 2017 menurut versi Google.

1. Bandung

Selain dikenal punya banyak destinasi wisata hits, ibukota Jawa Barat ini juga terkenal dengan beragam wisata kulinernya yang lezat. Tak hanya itu, bandung juga menjadi tujuan wisata bagi mereka yang ingin mencari item fashion terkini. Menurut catatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, dalam kurun 5 tahun sejak 2011 kunjungan wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri, terus meningkat. Namun memasuki 2016, trennya menurun, sepanjang tahun tersebut, kunjungan wisman ke Bandung mencapai 173.036 dan pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 4.827.589 orang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Bali

Siapa yang tidak kenal dengan pulau menawan yang satu ini? Bali selalu ada dalam daftar destinasi wisata Indonesia yang paling banyak dicari wisatawan, termasuk pada mesin pencarian Goggle yang menempatkan pulau ini pada posisi dua destinasi yang paling banyak dicari sepanjang 2017. Meski sempat terhalang letusan Gunung Agung beberapa waktu lalu, pariwisata Bali kini kembali bangkit dan aman untuk dikunjungi kembali.

Catatan Badan Pusat Statistik Bali, tahun 2016 Pulau Dewata telah dikunjungi hingga 4.927.937 wisman, atau naik sekitar 18 persen dari total tahun sebelumnya. Dengan catatan tersebut, Bali menjadi salah satu penyumbang wisman terbanyak untuk pariwisata Indonesia, selain Jakarta.

 

3 dari 5 halaman

3. Jakarta

Siapa yang sangka, kota dengan tingkat kemacetan nomor satu di Indonesia ini masuk dalam daftar destinasi wisata yang paling banyak dicari pada mesin pencarian Google sepanjang 2017. Jakarta sendiri punya banyak atraksi wisata, mulai dari petilasan sejarah hingga wisata kuliner dan belanja. Jangan lupa, Jakarta juga punya kepulauan seribu, destinasi wisata hits yang banyak digemari pelancong dari berbagai daerah dan luar negeri.

Menurut data yang dikutip dari Badan Pusat Statistik Pemprov Jakarta, ada lima kebangsaan yang menjadi pengunjung terbanyak Kota Jakarta. Ke-lima kebangsaan tersebut antara lain Tiongkok, Malaysia, Jepang, Singapura, dan Korea Selatan. Ke-lima negara ini dianggap sangat penting peranannya karena menjadi pasar utama bagi pariwisata Kota Jakarta.

 

4 dari 5 halaman

4. Yogyakarta

Bagi Anda yang mencari destinasi wisata alam hits, Yogyakarta adalah gudangnya. Punya garis pantai yang panjang, kebudayaan adiluhung, dan beragam tempat peninggalan sejarah, menjadikan Yogyakarta punya daya tarik tersendiri di mata traveler. Tak heran jika Yogyakarta menjadi salah satu dari lima besar destinasi wisata yang paling banyak dicari pada mesin pencarian Google sepanjang 2017.

Data Kementerian Pariwisata mencatat, Yogyakarta punya 30 candi yang tersebar di berbagai wilayahnya, 32 museum yang berisi peninggalan sejarah dan karya seni, 22 pantai dengan segala keindahannya, 10 air terjun eksotis, 11 destinasi wisata adventure yang meliputi susur goa dan petualangan, serta 6 destinasi wisata belanja paling hits.

 

5 dari 5 halaman

5. Surabaya

Surabaya dikenal oleh wisatawan domestik sebagai kota pahlawan. Banyak petilasan dan peninggalan i sejarah yang berkaitan dengan perang kemerdekaan melawan penjajah, yang saat ini telah berubah menjadi destinasi wisata hits yang dikunjungi banyak orang. Tak hanya itu, masyarakatnya yang heterogen membuat Surabaya kaya akan bangunan keagamaan dari berbagai aliran kepercayaan, mulai dari klenteng, masjid, hingga gereja peninggalan sejarah. Salah satu yang paling hits dan banyak dikunjungi adalah masjid Laksanama ChengHo.

Menurut data Badan Pusat Statistik, Kota Surabaya hingga bulan Juni tahun ini telah dikunjungi 101.800 wisatawan mancanegara yang masuk melalui Bandara Internasional Juanda. Ada 10 kebangsaan yang menyumbang wisman terbanyak untuk Surabaya, antara lain berturut-turut dari yang terbanyak adalah Malaysia, Singapura, Tiongkok, Taiwan, Amerika, Jepang, India, Thailand, Korea Selatan, dan Hong Kong.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS