Sukses

7 Cara Melatih Diri Sendiri untuk Bangun Tidur Lebih Pagi

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda selalu berkomitmen untuk bangun tidur lebih awal dan selalu gagal melakukannya? Tenang, Anda tidak sendirian. Bangun awal memang menjadi masalah sulit bagi beberapa orang, lantas bagaimana caranya melatih diri agar bisa bangun lebih awal setiap hari?

Berikut ini beberapa cara yang bisa membantu Anda bangun pagi seperti melansir dari purewow.com, Sabtu (26/11/2016).

1. Miliki alasan yang kuat
Jangan hanya berkeinginan untuk bangun tidur lebih awal, rencanakan untuk melakukan beberapa waktu lebih awal di pagi hari, sehingga ada alasan yang kuat mengapa Anda harus bangun lebih awal.

2. Cari cara mudah untuk melakukannya
Anda tidak bisa berharap bisa bangun awal setiap hari tanpa adanya penyesuaian. Lantas bagaimana? Jika Anda ingin bangun jam 8 pagi, jangan atur alarm untuk berbunyi di jam 7, namun 10 menit sebelumnya. Keesokan harinya, atur 20 menit, 30 menit, dan seterusnya.

3. Tidur lebih awal
Ini jelas bahwa semakin cepat Anda pergi tidur di malam hari, semakin cepat pula Anda akan bangun di pagi hari. Pastikan bahwa dalam sehari Anda mendapatkan 8 jam waktu untuk tidur.

7 Cara Melatih Diri Sendiri untuk Bangun Lebih Awal

4. Dapatkan cahaya matahari pagi
Percayalah sinar matahari pagi dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D dan meningkatkan kadar serotonin yang dapat meningkatkan mood Anda.

5. Cari cara agar Anda benar-benar bangun
Setelah mengatur waktu alarm, letakkan ponsel jauh dari tempat tidur, sehingga ketika ponsel ini berbunyi di pagi hari, Anda harus bangun untuk mematikannya.

6. Minum segelas air secepatnya
Meminum segelas air putih sesaat setelah bangun tidur dapat membuat Anda lebih waspada, membakar metabolisme, dan rehidrasi tubuh setelah berjam-jam tidak terkena air. Selain itu, minum air putih setelah bangun di pagi hari dapat mencegah Anda makan berlebihan saat sarapan.

7. Rapikan tempat tidur
Setelah bangun dan minum segelas air, segera rapikan tempat tidur untuk mencegah keinginan kembali tidur di atasnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Menteri Jonan: Permukaan Tanah Jakarta Sudah Turun 40 Meter
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Akhir Pekan, Jakarta Cerah Berawan, Bogor Hujan