Sukses

6 Langkah Wujudkan Lapangan Kerja Impian

Membuat usaha baru memang susah-susah gampang. Untuk mewujudkan impian Anda membuat usaha, ikuti 6 langkah ini.

Liputan6.com, Jakarta Berminat untuk membuat kantor baru atau perusahaan baru? Tentu saja bisa dilakukan dengan berbagai cara. Karena kini informasi mudah didapatkan dari mana saja, bukan tidak mungkin Anda mampu membuat lapangan kerja baru sesuai dengan usaha impian Anda. Untuk merencanakannya, ikuti 6 langkah mudah ini, seperti yang dirilis oleh Lifehack.org Rabu (23/11/2016).

Alasan Utama
Hal paling penting untuk membuat sebuah usaha adalah alasan utama mengapa perusahaan ini harus dibentuk. Biasanya, alasan utama ini disebut dengan visi yang memberikan seluruh karyawan pandangan yang sama mengenai arah kerja dan apa yang harus dibutuhkan untuk menjalankan visi tersebut. Contohnya, apa jasa yang ditawarkan atau produk yang akan dijual pada pelanggan.

Bangun dan Desain
Mulai mencari orang-orang yang memiliki alasan atau visi yang sama dengan Anda dan bangunlah organisasi tersebut. Bila Anda bekerja di bidang informasi, membuat website merupakan langkah pertama yang bagus untuk menjaring calon-calon profesional yang bisa diajak bekerjasama. Bila Anda merupakan perusahaan makanan, proses pertama yang dapat dilakukan adalah mulai merencanakan menu, penyedia bakan baku, bahkan mendesain tempat usaha Anda.

Marketing

Marketing
Segera jual usaha Anda kepada para pembeli. Tentu saja ini membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk merencanakannya sehingga bisa efektif dan memberikan keuntungan yang baik. Dalam proses ini akan banyak kekurangan dan kegagalan yang akan menghampiri. Tapi hal ini akan membantu Anda menyesuaikan jenis usaha dengan calon pembeli dan memberikan pelajaran agar usaha tersebut bisa berkembang dengan baik. Setelah strategi marketing sudah jalan, segera iklankan.

Iklan
Setelah berbagai jenis usaha sudah terbangun dengan baik, beritahukan kepada seluruh calon konsumen kita dengan cara diiklankan. Iklan sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari online, koran, televisi, radio hingga cetak seperti poster atau selebaran. Setiap langkahnya pasti memberikan ujian dan mengukur semampu apa Anda mempertahankan usaha baru ini. Jika terus berubah, pasti ada perkembangan untuk membuat usaha Anda maju.

Urusan Hukum dan Keuangan

Urusan Hukum dan Keuangan
Selagi mengembangkan produk dan mengiklankannya kepada para khalayak, urusan hukum dan keuangan juga harus dipikirkan. Bagaimana caranya usaha baru Anda dapat diakui legalitasnya secara hukum sehingga bebas berdagang, serta aturan mengenai tenaga kerja. Selain itu, urusan permodalan dan arus uang dalam perusahaan juga harus dipikirkan sehingga biaya yang dikeluarkan bisa menjadi modal bagi pengembangan usaha.

Jalankan
Hal terakhir yang harus dilakukan adalah menjalankan usaha dengan konsisten. Konsistensi ini dibutuhkan dalam semua unsur, mulai dari pegawai, pimpinan hingga rekan-rekan kerja yang diajak kerjasama. Ingat aturan pertama mengenai alasan utama mengenai berdirinya usaha tersebut, terapkan, dan buat visi terwujud. Tentu saja ada kegagalan dalam perjalanan ini, tapi konsistensi dan fokus akan menjadi jawaban, agar seluruh usaha dapat dijalankan dengan baik serta mendapatkan peluang yang baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini