Sukses

Unik, Listrik dari Tenaga Magma di Islandia

Liputan6.com, Jakarta Islandia, sebuah pulau yang terletak di utara benua Eropa kini memproduksi listrik dari cara yang sangat mengejutkan. Mereka menggunakan magma yang diperoleh dari dalam bumi untuk menghasilkan listrik 10 kali lipat dari sumber geothermal biasa. Seperti dirilis oleh Inhabitat.com, Kamis (3/11/2016).

Islandia sudah lama menghindari penggunaan energi fosil di negara tersebut, namun hal ini tidak sedikitpun mengurangi inovasi yang mereka buat. Salah satunya adalah Iceland Deep Drilling Project (IDDP) yang menggali hingga 5 kilometer ke dalam perut bumi untuk mendapatkan magma. Peralatan yang mereka gunakan disebut dengan Thor yang beroperasi di Tanjung Reykjanes.

Tempat ini dipilih karena di dalamnya terdapat Mid-Atlantic Ridge, yaitu batas antara dua lempeng bumi yang berdekatan, sehingga Thor bisa mendapatkan magma yang banyak akibat aktivitas antar lempeng. “Banyak orang yang sudah menggali ke batuan keras hingga kedalaman ini, namun belum pernah ada yang masuk sistem cairan magma seperti ini” Ungkap Albert Albertsson, asistant director dalam program ini.

Diharapkan setelah mencapai dalam laut yang dipanaskan oleh magma, mereka dapat menemukan “Supercritical steam” yang mengandung banyak energi dibandingkan dengan cairan atau gas. Potensi yang dapat dihasilkan pembangkit ini adalah 50 megawat yang membuat pembangkit geothermal lainnya yang menghasilkan 5 megawat tampak sangat kecil. Ke depannya, inovasi ini tampak sangat menjanjikan, karena bisa diterapkan di tempat-tempat yang memiliki gunung berapi muda yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik.