Sukses

5 Destinasi Wisata di Makassar Favorit Backpacker

Liputan6.com, Makassar Jika kalian berencana menghabiskan liburan akhir pekan di Makassar atau ingin memanfaatkan tiket pesawat murah dan promo hotel murah, ada beberapa destinasi wisata yang perlu dikunjungi. Lima destinasi wisata di Makassar ini akan memberikan Anda pengalaman juga pembelajaran penting dalam perjalanan wisata.

1. Pulau Kodingareng Keke

 

Foto kiriman Akhmad Taufiq (@oviex) pada

Pulau yang indah ini hanya berjarak sekitar 13,6 kilometer dari Makassar. Anda bisa mencapainya dengan menggunakan perahu yang disewa di sekitar Dermaga Kayu Bangkoa atau Dermaga di depan Benteng Fort Rotterdam. Pulau Kodingareng dan Kodingareng Keke berbeda. Pulau Kodingareng Keke tidak berpenghuni, sedangkan pulau Kodingareng merupakan pulau yang sudah berpenghuni. Namun, keindahan pantai kedua pulau tersebut memang berciri khas pantai Indonesia Bagian Timur dengan pasir yang bersih dan air laut yang bening.

Kodingareng Keke merupakan tujuan para penyelam baik dalam negeri maupun luar negeri. Pulau ini memiliki pesona bawah laut yang menawan. Sebaiknya dipersiapkan juga membawa bekal dan alat snorkeling sendiri, karena di pulau Kodingareng tidak ada warung ataupun penjaja makanan. Jangan lupa untuk membawa sampahnya kembali.

2. Pulau Khayangan

 

Foto kiriman NIA MONIKA (@niamonjas) pada

Pulau ini hanya beberapa jengkal saja dari pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar. Banyak backpacker memilih pulau ini karena pulau ini yang paling dekat dengan dermaga POPSA seberang Fort Rotterdam. Ongkos untuk menyeberangnya pun terbilang murah, hanya berkisar Rp 20 ribu sampai dengan Rp 25 ribu per orang. 

Pulau Khayangan dianggap tempat yang paling cocok untuk snorkeling dan bermain air di tepi pantai. Saat matahari tenggelam, pulau ini juga termasuk spot yang baik untuk mengabadikan sunset. Siluet kapal yang hilir mudik akan menjadi objek yang menarik dalam media sosial seperti di halaman Instagram Anda.

3. Pulau Samalona

 

Foto kiriman Ayu Mustika (@ayuumustika) pada

Pulau Samalona memiliki pasir yang bersih dan indah. Jaraknya hanya sekitar 2 kilometer dari Pantai Losari. Keindahan terumbu karang dan pesona ikan-ikan cantik yang berenang di sela-selanya merupakan salah satu atraksi alam yang ditawarkan oleh Pulau Samalona. Namun, jangan sampai datang ke tempat ini saat musim hujan atau angin, karena pandangan di bawah permukaan laut akan berkurang sehingga anda tidak akan bisa menikmati keindahan pesona bawah laut pulau Samalona. Waktu yang tepat sekitar bulan April dan Mei. 

4. Gunung Karst Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

 

Foto kiriman Nizar Rachmadian (@nizar.rachmadian) pada

Pegunungan Karst kedua terbaik di dunia setelah Tiongkok ini memang memiliki pesona yang sangat indah. Karst sangat lekat dengan kapur, tandus, kering, tajam, dan terjal. Gunung Karst Taman Nasional Bantimurung berada di wilayah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, tempat ini begitu istimewa karena selain dapat melihat keindahan gunung kapur juga bisa melihat habitat asli lebih dari 84 spesies kupu-kupu yang cantik. Taman Nasional Babul ini juga dikenal sebagai The Kingdom of Butterflies. Di sini juga bisa melihat dan menikmati keindahan air terjun Bantimurung.

5. Pulau Badi

 

Pulau Badi merupakan pulau konservasi terumbu karang. Ada hampir 10 ribu meter persegi, area yang telah direhabilitasi yang dilakukan sejak tahun 2007. Berkat kesuksesan program tersebut Pulau Badi menjadi pusat percontohan rehabilitasi terumbu karang. Yang menarik juga dari Pulau Badi adalah pusat pembudidayaan kuda laut yang diekspor ke luar negeri.

Tertarik ingin ke destinasi wisata Makassar? Cek tiket pesawat murahnya di Reservasi.com

Loading