Sukses

Pulau Likri Jadi Destinasi Wisata Baru di Minahasa

Liputan6.com, Jakarta Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow menargetkan Pulau Likri yang berlokasi di tengah Danau Tondano akan dijadikan salah satu objek wisata.

"Pulau Likri bakal dijadikan objek wisata andalan Minahasa di tengah keindahan Danau Tondano," kata JantjeĀ kepada Antara, Rabu (23/3/2016).

Bupati tampak kagum melihat potensi yang dimiliki Pulau Likri tersebut.

"Pulau Likri ini memiliki pesona lain, dan nantinya kita akan kembangkan, nanti pada APBD Perubahan 2016 atau pada 2017 nanti, sebab ini merupakan potensi wisata diMinahasa," ungkap Jantje.

Rencananya di Pulau Likri akan dibuat tanggul yang kemungkinan luasnya akan ditambah hingga satu hektare.

"Kita akan membuat lebih luas dan tambah bagus, juga akan dibuat pelataran keliling," jelasnya.

Selain itu direncanakan akan dibuat jembatan untuk menghubungkan daratan ke pulau tersebut.

"Nanti akan kita buat jembatan juga dari Tandengan hingga ke Pulau Likri, supaya masyarakat bisa ke pulau ini dengan jalan kaki, juga nanti ada rumah makan, tapi akan dibangun tidak menghalangi pemandangan di pulau Likri atau open space," jelasnya.

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow menargetkan Pulau Likri jadi destinasi wisata baru di Minahasa. Foto: Ahmad Ibo.

Ditambahkannya untuk sementara pemkab yang akan mengelola pulau ini. "Kalau nanti ada pihak ketiga yang mau kelola kita akan pertimbangkan, yang penting Minahasa mendapat keuntungan dari situ, namun kita akan tata dulu," ujarnya.

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow melakukan peninjauan di Pulau Likri yang berada di tengah Danau Tondano melalui pinggiran Desa Tandengan Satu, Kecamatan Eris, Minahasa.

Didampingi Kepala Dinas PU John Kusoy, Kabag Humas dan Protokol Agustivo Tumundo, bupati disambut langsung oleh Camat Eris Deidy Tumarar, Hukum Tua Desa Tandengan Satu Maxi Tampi, Hukum Tua Desa Tandengan Frangky Solang, dan para Hukum Tua lainnya di Kecamatan Eris, serta tokoh masyarakat setempat.

Selanjutnya bupati dan rombongan diantar oleh Camat Ersi dan para hukum tua setempat menuju Pulau Likri dengan menumpang perahu tradisional dengan mesin motor katinting. (Nancy Lynda Tigauw)