Sukses

IKEA Blue Bags Selesaikan 100 Septic Tank di Penjaringan

IKEA telah menyelesaikan pembangunan 100 septic tank untuk perbaikan sanitasi di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara

Liputan6.com, Jakarta Sejak pertama kali dibuka di Alam Sutera, Indonesia pada Oktober 2014, perusahan ritel perabot rumah tangga asal Swedia, IKEA berhasil merebut perhatian masyarakat yang ingin mendekorasi rumah mereka. Tak hanya meluncurkan produk rumah tangga, perusahaan tersebut juga bergerak di bidang sosial dengan diadakannya proyek IKEA Blue Bags.

Kini, program yang menginisiasi pembangunan 100 septic tank untuk masyarakat di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara sudah mencapai targetnya.Seperti rilis yang diterima Liputan6.com pada Jumat (29/1), proyek IKEA Blue Bag merupakan sebuah inisatif program berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan dalam peningkatan sarana sanitasi.

(ki-ka) Doddy Suparna INSIST dari Mercy Corps, Eliza Fazia, Marketing Manager IKEA Indonesia, Suparna Lurah Kelurahan Penjaringan

Kecamatan Penjaringan terpilih untuk pelaksanaan program tersebut, karena merupakan yang terpadat di Jakarta. Jumlah populasi penduduk di daerah tersebut mencapai 300.000 jiwa dengan rasio 8.635 jiwa per km persegi.

Dengan padatnya daerah tersebut, hampir 75 persen penduduknya hanya mengandalkan air tanah sumur dangkal dan hanya 2 persen yang memiliki akses sistem penyaluran air buangan dari pemerintah.

Manager Marketing IKEA Indonesia Eliza Fazia mengatakan proyek IKEA Blue Bag dapat dijalankan berkat dukungan dari pelanggan setianya.

Ibu Sarmiah, Tim Mercy Corps dan Ibu Eliza Fazia

"IKEA sendiri sudah tidak lagi menggunakan kantong plastik, melainkan pilihan untuk membeli IKEA Blue Bag yang ramah lingkungan," ujar Eliza Fazia.

Untuk setiap pembelian IKEA Blue Bag, 100 persen dari nilai penjualan ditambah dengan sumbangan dari IKEA didonasikan melalui Mercy Corps Indonesia selaku pihak pelaksana proyek sanitasi limbah di Kecamatan Pejaringan. Rentang waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek tersebut selama dua tahun sejak 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.