Sukses

5 Makanan dan Minuman Terlarang Dikonsumsi Sebelum Naik Pesawat

Berikut ini daftar makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi sebelum naik pesawat agar perjalanan Anda tidak terganggu.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kebiasaan orang Indonesia sebelum melakukan perjalanan, khususnya naik pesawat adalah tidak membiarkan perut dalam keadaan kosong. Sebisa mungkin sebelum naik pesawat, Anda mengonsumsi sesuatu agar tidak lapar atau mual ketika sudah dalam pesawat.

Namun, apa yang Anda makan sebelum naik pesawat dapat memberikan dampak yang cukup besar saat ada di udara. Akibatnya pun beragam mulai dari mual, muntah, dan bahkan pingsan kalau Anda tidak jeli menentukan makanan yang dikonsumsi sebelum naik pesawat.

Melansir dari smart-travel, Jumat (23/10/2015), berikut lima jenis makanan yang disarankan untuk tidak Anda konsumsi sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat.

1. Makanan cepat saji

Makanan Cepat Saji

Apakah Anda penggemar makanan cepat saji? Tak sulit menemukan restoran yang menyajikan makanan ini di bandara yang membuat Anda tergoda untuk mengonsumsinya karena praktis.


Namun, makanan ini disarankan untuk tidak Anda konsumsi sebelum naik pesawat karena sulit dicerna. Apalagi saat Anda berada di ketinggian 35.000 kaki. Tubuh Anda akan kesulitan mencerna lemak jenuh yang terkandung di dalam makanan cepat saji. Para peneliti juga telah menemukan bahwa lemak jenuh dapat menghambat aliran darah Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Alkohol

2. Alkohol

Minum alkohol. | via: tumblr.com

Alkohol mungkin bukan termasuk ke dalam daftar makanan, tetapi minuman ini harus Anda hindari untuk dikonsumsi sebelum Anda melakukan perjalanan dengan pesawat. Anggapan bahwa minum alkohol dapat membuat Anda lebih santai ketika di pesawat jelas salah. Minuman justru malah akan membuat Anda lebih cepat dehidrasi ketika di udara.

3 dari 5 halaman

Soda dan Bir

3. Soda dan Bir

 

(Foto: Rahadiona)
Selain alkohol, minuman berkarbonasi, seperti soda dan bir menjadi salah satu penyebab utama perut kembung. Anda akan merasa di dalam perut terdapat balon gas yang sudah membuat perjalanan Anda tidak nyaman. Minuman ini sangat tidak disarankan untuk Anda konsumsi sebelum melakukan penerbangan.

4 dari 5 halaman

Sayuran yang Mentah dan Mengandung Gas

4. Sayuran Mentah dan Mengandung Gas

Brokoli. | via: espacio360.pe
Kabin pesawat memang memiliki tekanan yang menjaga tekanan tubuh manusia di dalamnya. Namun, belum tentu udara yang ada di dalam kabin tersebut sama dengan ketika ada di daratan. Setelah lepas landas, tekanan udara dalam kabin berkurang hingga 30 persen dan memaksa tubuh anda menelan udara dan gas sehingga masuk ke lambung dan usus. Untuk meminimalkan efek tersebut, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi sayuran yang mentah secara berlebih dan sayuran yang mengandung gas karena akan membuat kembung.

5 dari 5 halaman

Permen Karet bebas gula dan Permen

5. Permen Karet bebas gula dan Permen

Ilustrasi. Foto: Huffingtonpost
Produk makanan bebas gula menjadi keuntungan bagi Anda yang sedang diet dan penderita diabetes. Namun, biasanya makanan tersebut mengandung pemanis buatan sedangkan tubuh manusia tidak dirancang untuk memproses gula sintetis dengan baik. Makanan tersebut berpotensi membuat tubuh Anda kembung karena gas dan sakit perut karena memiliki efek pencahar. Salah satu makanan tersebut adalah permen karet bebas gula yang jika Anda konsumsi sebelum naik pesawat akan membuat perut Anda cepat kembung.

(Ffs/Ibo)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.