Sukses

Dampak Jika Utang Puasa Tidak Dibayar

Kalau seorang Muslim bisa membayar utang puasanya namun itu tidak dilakukan, ini dikategorikan sebagai orang lalai.

Liputan6.com, Jakarta - Pada bulan Ramadan, umumnya wanita Muslim tidak bisa berpuasa sampai sebulan penuh karena beberapa hal. Di antaranya karena datang bulan. Tapi puasa yang ditinggalkannya ini harus dibayar di bulan lain sebelum puasa tahun berikutnya datang. Selain dibayar dengan puasa, juga bisa dibayar dengan fidiyah atau memberi makan orang miskin.

Kalau seorang Muslim bisa membayar utang puasanya namun itu tidak dilakukan, ini dikategorikan sebagai orang lalai dan orang yang meninggalkan puasa.

Untuk keringanan, ada orang-orang tertentu yang memang mendapat keringanan berpuasa dan hal ini ada aturannya yaitu di qada. Jika tidak sempat membayar utang puasa dan sudah memasuki puasa tahun berikutnya, hal ini perlu ditanyakan kepada ulama cara apa yang bisa dilakukan untuk membayar puasa tersebut.

Sebab yang namanya utang tetap harus dibayar. Tapi jika sengaja tidak membayar padahal mampu berpuasa, ini namanya dosa. Berikut penjelasan Medina tentang hal ini, Senin (20/7/2015):

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.