Sukses

Jauh dari Kata Seram, Kastil Ini Justru Sangat Lucu

Tidak seperti kastil lainnya yang hampir dipastikan membawa kesan menyeramkan, kastil di Skotlandia ini justru sangat lucu.

Liputan6.com, Skotlandia Tidak seperti kastil lainnya yang hampir dipastikan membawa kesan menyeramkan, kastil di Skotlandia ini justru sangat lucu. Pasalnya, semua dinding luar kastil dihiasi dengan gambar-gambar kartun.

Dikutip dari BBC pada Rabu (10/12/2014), kastil lucu ini dinamakan Kelburn Castle. Terletak 35 mil di barat Glasgow, kastil yang satu ini memiliki warna yang beragam, sehingga membuatnya tidak terlihat seperti kastil yang dibangun abad ke-13.

">Kelburn Castle (1) 

Awalnya, kastil ini sama saja dengan banyak kastil di dunia. Tetapi, pada tahun 2007, pangeran Glasgow selaku pemilik kastil membutuhkan banyak perbaikan salah satunya adalah dengan menghapus bagian semen yang telah ada sejak tahun 1950an. Atas desakan anak-anaknya, pangeran memutuskan untuk melukis semen tersebut dengan animasi yang disukai anaknya sebelum semen tersebut benar-benar dibuang.

Untuk memenuhi permintaannya, pangeran akhirnya mengundang empat seniman jalanan asal Brasil untuk menghiasi menara dan dinding kastil dengan gaya grafiti yang sangat unik.

">Kelburn Castle (2)

Untuk menghardirkan kesan kastil "berwarna", seniman tersebut membutuhkan lebih dari 1500 kaleng cat semprot. Pekerjaan menghiasi kastil sontak mendapat banyak pengakuan dari berbagai pihak lain, di antaranya disebutkan bahwa karya mereka adalah salah satu contoh seni jalanan terbaik di dunia.

Sebagaimana tujuan awalnya, karya seni ini rencananya akan dihapus setelah tiga tahun, tetapi karena permainan warna yang tak biasa inilah justru menarik pengunjung untuk datang ke tempat ini. Pangeran Glasgow menghimbau instansi sejarah Skotlandia, Historic Sconland, untuk melestarikan bangunan bersejarah ini.

">Kelburn Castle (3) 

Meskipun begitu, ternyata pada tahun 2012 silam ditemukan bahwa kandungan semen sangat merusak dinding kastil yang asli. Maka dari itu, rencananya seluruh seni jalanan ini akan dihapus pada musim panas 2015 nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini