Sukses

Berkunjung ke Hay-on-Wye, Kotanya Para Pecinta Buku

Hay-on-Wye, kota di Inggris yang dikenal sebagai surganya pecinta buku.

Liputan6.com, Inggris Buku dan buku, itulah yang akan Anda temui jika berkunjung ke Hay-on-Wye. Ya, Hay-on-Wye adalah nama kota di Inggris yang memang dikenal sebagai surganya para pecinta buku.

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Jumat (28/11/2014), Hay-on-Wye terletak dekat tepi sungai Wye di Powys, Wales, berdekatan dengan perbatasan Inggris. Daerah ini disebut sebagai toko buku karena memiliki banyak sekali toko buku di hampir setiap sudut kota.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Toko Buku Kejujuran

Di antara sekian banyak toko-toko buku yang berjejer di kota Hay, yang paling tidak biasa dan menarik minat orang-orang adalah 'Toko Buku Kejujuran'. Sesuai dengan namanya, toko buku ini mengutamakan kejujuran para pembelinya.

Toko buku ini terdiri dari rak-rak buku yang diletakkan di pagar atau di dinding luar rumah. Toko unik ini tidak memiliki penjaga toko selayaknya toko-toko buku pada umumnya. Ketika pembeli selesai memilih buku, maka mereka cukup meletakkan uangnya di dalam sebuah kotak surat kecil.

3 dari 4 halaman

Buku Bekas dan Klasik

Toko-toko buku di kota Hay umumnya menjual buku-buku bekas dan klasik. Konsep bangunannya juga selayaknya toko-toko tua yang bisa kita jumpai di film-film "Harry Potter".

4 dari 4 halaman

Festival Buku dan Literatur

Keberadaan toko-toko buku di kota Hay dimulai sejak tahun 1961. Richard Booth adalah orang pertama yang mendirikan toko buku bekas di kota Hay yang kemudian menjadi populer dan diikuti oleh tetangga-tetangganya. Hingga akhirnya pada tahun 1970-an kota Hay dikenal dunia sebagai "Kota Buku" dan menerima sekitar 500 ribu turis per tahun.

Selain terkenal akan toko-toko bukunya, kota Hay juga terkenal dengan festival literatur yang diselenggarakan pada akhir Mei setiap tahun. Ketika festival tersebut berlangsung, kota Hay akan kedatangan sekitar 80 ribu penulis, penerbit dan penggemar sastra dari seluruh dunia.

Berikut tampilannya:

hay-on-wye-2

hay-on-wye-3

hay-on-wye-4

hay-on-wye-5

hay-on-wye-7

hay-on-wye-8

hay-on-wye-9

hay-on-wye-10

hay-on-wye-1

hay-on-wye-12

hay-on-wye-13

hay-on-wye-17

Foto-foto: Amusingplanet.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.