Sukses

Kebun Binatang Gembira Loka Kedatangan Penguin

Warga Yogyakarta kini dapat melihat penguin yang berasal dari hibah Kebun Binatang Singapura.

Liputan6.com, Yogyakarta Berita gembira kali ini datang kepada Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta. Pasalnya, pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka akan kedatangan enam ekor satwa baru.

Satwa baru ini adalah enam ekor burung penguin hibah dari Kebun Binatang Singapura. Binatang lucu ini masuk dalam jenis Penguin Afrika atau Jackie Penguin yang terdiri dari 3 betina dan 3 jantan.

"Tiba di Jakarta Selasa, 6 Mei 2014, langsung ke Yogya kemarin sore sampai," ujar Direktur Gembira Loka Zoo KMT. A.Tirtodiprojo, Rabu (07/05/2014).

Ia menjelaskan walaupun telah tiba di Yogyakarta, namun enam burung menggemaskan ini masih belum bisa ditampilkan langsung kepada pengunjung.

Enam ekor penguin ini baru bisa menyapa pengunjung Gembira Loka pada tanggal 19 Mei 2014. Hal ini dikarenakan 6 ekor burung yang habitat aslinya di Benua Antartika - Kutub Selatan dan tidak bisa terbang ini masih melalui karantina terlebih dahulu, guna adaptasi di lingkungan baru.

"Ini kita karantina dulu selama 2 minggu untuk adaptasi di lingkungan baru dan agar tidak stres," tandasnya.

Sementara itu Lucia Anna Novitasari bagian Marketing Gembira Loka mengatakan, proses karantina ini dilakukan agar satwa yang biasa hidup di daerah dingin ini bisa adaptasi dengan lingkungan di Gembira Loka.

Proses karantina ini memang harus sesuai dengan aturan dari Kebun Binatang Singapura. "Kriterianya harus dilakukan ini demi mereka bisa menyesuaikan cuaca di sini. Kita pun nggak boleh foto-foto," ujarnya.

Stok untuk pakan burung ini telah disiapkan satu bulan yang lalu. Kriteria pakan khusus penguin ini sudah disesuaikan dengan regulasi yang telah ditetapkan oleh Kebun Binatang Singapura.

"Pakan malah lebih dahulu, sudah siap 1 ton ikan untuk persiapan makan burung ini. Ada tiga jenis ikan yang dikonsumsi oleh penguin di antaranya ikan Herring, Caplein, dan Smelt," kata Luci.

Luci mengatakan jenis pakan burung penguin ini harus dipastikan terbebas dari penyakit. Stok ikan juga harus tersimpan di lemari es bersuhu minus 20 derajat dan harus terbungkus es.

Proses seperti ini menurut Luci sudah disesuaikan dengan kriteria dari Kebun Binatang Singapura.

"Bahkan sekarang keeper-nya masih dari Singapura. Nanti semuanya akan diserahkan ke pihak Gembira Loka," ujarnya.

Lebih lanjut, Luci menambahkan dengan penambahan 6 ekor burung penguin ini akan menambah jumlah koleksi burung yang yang ada di Gembira Loka. 6 ekor penguin ini nantinya bisa dilihat di taman burung.

"Khusus spesies burung kita ada 390 ekor. Sementara seluruhnya ada hampir dua ribu ekor satwa yang ada di sini," pungkasnya. (Fathi Mahmud/Ars) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini