Sukses

Benarkah Semakin Mahal, Kualitas Minyak Zaitun Semakin Bagus?

Beberapa sertifikasi yang menjamin kualitas minyak zaitun, termasuk sertifikasi PDO (Protected Designation of Origin), PGI (Protected Geographical Indication), dan Organic.

Liputan6.com, Jakarta - Jika dibanding dengan minyak sayur dan minyak kelapa, minyak zaitun memang memiliki harga yang lebih mahal. Namun benarkah semakin mahal harga minyak zaitun, semakin baik kualitasnya?

Harga minyak zaitun dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk jenis buah zaitun yang digunakan, metode produksi, dan keasaman. Ada beberapa minyak zaitun dengan kualitas yang sangat baik dan dihargai dengan harga yang wajar.

Untuk menentukan kualitas minyak zaitun, kamu perlu melihat label dan sertifikasi yang ada pada kemasan. Biasanya, ada beberapa sertifikasi yang menjamin kualitas minyak zaitun, seperti sertifikasi PDO (Protected Designation of Origin), PGI (Protected Geographical Indication), dan Organic.

Selain itu, perlu diingat bahwa kualitas minyak zaitun tergantung pada faktor-faktor seperti kebersihan buah zaitun, metode pengolahan, kandungan asam lemak, serta kandungan senyawa fenolik dan antioksidan. Oleh karena itu, harga tidak selalu menjadi indikator kualitas yang akurat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Memilih Minyak Zaitun

1. Lihat label dan sertifikasi

Pilih minyak zaitun yang memiliki label dan sertifikasi yang jelas dan valid. Beberapa sertifikasi yang dapat diandalkan untuk minyak zaitun termasuk PDO (Protected Designation of Origin), PGI (Protected Geographical Indication), dan Organic.

2. Perhatikan tanggal panen

Lebih baik memilih minyak zaitun dengan tanggal panen yang lebih baru karena kualitasnya biasanya lebih baik. Minyak zaitun yang lebih lama cenderung mengalami oksidasi dan kehilangan kualitasnya.

3. Perhatikan jenis minyak zaitun

Ada beberapa jenis minyak zaitun yang berbeda, dan masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Minyak zaitun extra virgin biasanya dianggap sebagai jenis minyak zaitun yang paling berkualitas tinggi, sedangkan minyak zaitun biasa atau virgin lebih cocok untuk memasak pada suhu tinggi.

4. Perhatikan kemasan

Pilih minyak zaitun yang dikemas dalam botol gelap atau kaleng yang dapat melindungi minyak dari cahaya dan udara. Hindari minyak zaitun yang dikemas dalam botol plastik atau transparan karena cahaya dan udara dapat merusak kualitas minyak.

5. Cobalah sebelum membeli

Lebih baik mencoba minyak zaitun sebelum membeli untuk memastikan bahwa rasanya dan aromanya sesuai dengan selera.

6. Perhatikan asal minyak zaitun

Pilih minyak zaitun yang berasal dari daerah yang terkenal dengan produksi minyak zaitun berkualitas tinggi, seperti Sisilia, Kreta, dan Andalusia.

Dalam memilih minyak zaitun, ingatlah bahwa kualitas dan harga tidak selalu berbanding lurus. Lebih baik memperhatikan faktor-faktor di atas untuk memilih minyak zaitun yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.