Sukses

Heboh Cincin 4 Hari Menjepit Alat Vital Pria Cilacap, Dokter Nyerah Damkar Turun Tangan

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Cilacap, dibuat deg-degan saat potong cincin yang menjepit alat vital seorang pria asal Kecamatan Wanareja

Liputan6.com, Cilacap - Potong cincin dengan gerinda barangkali adalah hal biasa. Menjadi tak biasa saat cincin itu sudah terpasang di jari, sebagaimana lazimnya cincin.

Akan menjadi lebih sulit lagi, saat cincin menjepit alat vital seorang pria. Meski aneh, tapi peristiwa unik ini benar-benar terjadi di Cilacap, Jawa Tengah.

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Cilacap, dibuat deg-degan saat potong cincin yang menjepit alat vital seorang pria asal Kecamatan Wanareja, akhir Juni 2022 lalu. Mereka harus ekstra hati-hati, fokus dan penuh perhitungan saat memotong cincin menggunakan mesin gerinda.

Alkisah, Slamet alias Mame, petugas Pos Damkar Majenang, Cilacap mengaku sangat kaget ketika ada warga Kecamatan Wanareja yang mengajukan laporan. Semula, pria ini merasa malu untuk melaporkan kalau salah satu saudaranya punya masalah.

“Dia bingung dan malu. Baru setelah kami bicara dalam bahasa Sunda, dia bisa bicara terus terang,” ujar Mame, dikutip dari Bercahayanews.com, Sabtu (9/7/2022).

Dia mendapati kalau warga Wanareja ini sudah 4 hari mengalami kesulitan. Pasalnya, ada cincin melingkar di alat vital dan keluarga kesulitan untuk potong cincin tersebut.

Keluarga korban sebenarnya sudah membawanya ke RSUD Majenang. Hanya saja keluarga mendapatkan jawaban agar pria ini dibawa ke rumah sakit yang lebih besar dengan peralatan lengkap.

“Bisa ke (RSUD) Cilacap atau Purwokerto,” katanya.

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Sangat Langka

Sejak awal observasi, Meme merasa sanggup untuk mengatasi masalah ini hingga dia bergegas menuju rumah pria tersebut. Penyebabnya pria ini sudah sulit untuk berjalan. Bahkan berdiri saja sudah sakit.

Setiba di rumah pria tersebut, petugas langsung memeriksa cincin itu. Mereka segera mengambil alat potong mesin berupa grinda. Sebelumnya, petugas menyelipkan kunci gerinda untuk mengganjal cincin.

Tujuannya jelas, agar gerakan grinda lebih terarah. Selain itu untuk menghindari agar grinda tidak sampai memotong alat vital.

“Jadi begitu cincin putus, kena kunci,” ujarnya, tertawa.

Mame menceritakan, selama ini petugas Damkar memang sering menerima beragam laporan di luar kasus kebakaran. Mulai dari menangkap hewan berbahaya, membersihkan lumpur sisa banjir atau mengatasi pohon tumbang.

Namun untuk kasus seperti ini, dia dan seluruh petugas di Pos Damkar Majenang baru mengalaminya. Hingga kasus ini menjadi yang pertama kali mereka hadapi.

“Ini kasus langka dan baru pertama,” kata dia.

Dia menambahkan, pria asal Kecamatan Wanareja ini belakangan diketahui mengidap gangguan jiwa. Ini berdasarkan keterangan dari keluarga.

Hanya saja, dia tidak mengetahui secara pasti mengapa pria itu sampai memasukan cincin ke alat vital milkinya.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.