Sukses

Jalan-Jalan ke Solo, Jangan Lupa Mampir 5 Tempat Kuliner Favorit Jokowi

Berikut sederet kuliner favorit Jokowi saat pulang kampung.

Liputan6.com, Solo - Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Presiden Jokowi ternyata gemar berwisata kuliner. Jokowi selalu menyempatkan berburu kuliner untuk mengisi waktu luang, terlebih di tempat kelahirannya, Kota Solo.

Ia juga kerap mengajak tamu-tamunya untuk mencicipi sederet kuliner Solo.  

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet kuliner favorit Jokowi saat pulang kampung.

1. Timlo Maestro

Timlo merupakan makanan sejenis sup yang terkenal dari Kota Solo. Satu porsi timlo berisi kembang tahu, telur, daging, hingga jeroan.

Biasanya, masyarakat Solo gemar menyantap hidangan yang satu ini di malam hari. Saat berkunjung ke Solo, Presiden Jokowi kerap mampir ke warung langganannya. Timlo Maestro, di Jalan KH. Ahmad Dahlan 60 atau kawasan Keprabon.

Resep timlo yang digunakan warung makan ini sudah turun temurun antar generasi. Tak heran, jika timlo yang satu ini sudah sangat terkenal di Solo.

Untuk satu porsi timlo di sini, dibanderol dengan harga Rp 20.000 saja. Timlo Maestro buka setiap hari mulai pukul 18.00 hingga 24.00 WIB.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ayam Goreng

2. Ayam Goreng Mbah Karto

Ayam goreng Mbah Karto Tembel juga tak pernah terlewatkan oleh Presiden Jokowi saat pulang ke Solo. Berdiri sejak tahun 1960an, ayam goreng yang satu ini sudah menjadi favorit Jokowi sejak menjadi Wali Kota Solo.

Biasanya, satu porsi ayam goreng ala Mbah Karto akan disajikan dengan sepiring nasi hangat, urap sayuran, lalapan dan juga sambal. Menu favorit Jokowi adalah ayam goreng dengan sambal blondho atau sambal hitam.

Dibumbui dengan berbagai rempah pilihan dan dimasak di tungku kayu bakar. Ayam goreng yang terletak di Jalan Jaksa Agung Raya Suprapto no. 8, Gabusan, Jombor, Sukoharjo, tersebut bisa didapatkan mulai Rp 21.000 per porsi.

 

3 dari 5 halaman

Satai Kambing

3. Satai Kambing Bu Haji Bejo

Satai kambing Bu Haji Bejo terletak di kawasan Lojiwetan, Pasar Kliwon, Solo. Dahulu, satai ini dijual dengan cara dipanggul keliling Solo.

Selain satai, warung yang buka pada jam 07.00 hingga 16.00 ini juga menyediakan berbagai menu lainnya, seperti tongseng, gulai, tengkleng, dan juga satai buntel.

Untuk satu porsi satai kambing, sate buntel, dan tengkleng dibanderol Rp 45.000. Harga tersebut tentu sepadan dengan cita rasa satai yang khas dan menggugah selera.

 

4 dari 5 halaman

Satai Kere

4. Satai Kere Mbak Tug

Satai kere Mbak Tug juga menjadi salah satu favorit Presiden Jokowi. Satai kere ini berisi jeroan sapi dan juga tempe.

Satai kere Mbak Tug berlokasi di Jalan Arifin 63, Jebres, Kota Surakarta. Satu porsi sate yang satu ini dibanderol Rp 30.000.

Biasanya, warung sate yang satu ini sudah buka pukul 13.00, namun biasanya sudah habis pada pukul 16.00. Saat berkunjung ke sate kere Mbak Tug, Presiden Jokowi biasanya memesan satu porsi sate dengan potongan babat dan tetelan.

Selain menjadi favorit, sate kere Mbak Tug ini juga menjadi hidangan di resepsi pernikahan Kahiyang Ayu pada 2017 lalu.

 

5 dari 5 halaman

Soto Triwindu

5. Soto Triwindu

Soto triwindu merupakan salah satu kuliner favorit Presiden Jokowi dan keluarga. Soto ini berlokasi di area Pasar Triwindu, di Jalan Teuku Umar, Kecamatan Banjarsari.

Soto yang satu ini juga menjadi salah satu kuliner legendaris di Kota Solo. Soto yang satu ini berbeda dari soto kebanyakan, soto ini kuahnya  menggunakan kaldu dari daging sapi kualitas terbaik.

Untuk menikmati satu mangkuk soto dengan cita rasa khas yang satu ini, hanya cukup merogoh kocek Rp16.000 saja. Agar lebih nikmat, soto juga dapat dinikmati denganmenambahkan makanan pendamping lainnya. Seperti iso, kikil, babat, hingga mendoan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.