Sukses

Demi Keamanan Jamaah Haji, Arab Saudi Pasang 4.200 Kamera Canggih

Kamera pengintai canggih ini baru pertama kali digunakan tahun ini.

Pemerintah Arab Saudi memasang kamera pengintai canggih di sekitar tempat-tempat suci untuk mengawasi pergerakan dan keamanan jamaah haji. Kamera pengintai canggih ini baru pertama kali digunakan tahun ini.

"Kami menggunakan kamera digital yang kuat untuk pertama kali tahun ini. Kamera ini bisa memantau peristiwa meskipun jaraknya 60 kilometer. Mereka juga bisa dioperasikan di bawah kondisi cuaca burukj," kata Komandan Pusat Komando dan Kontrol Haji Arab Saudi Mayor Jenderal Abdullah Al-Zahrani dikutip Arab News, Senin (7/10/2013).

Al-Zahrani mengatakan bahwa direktur jenderal keamanan publik telah menginstruksikan pemasangan teknologi terakhir agar tugas mereka berjalan efektif. "Kami telah memasang 4.200 kamera di lokasi strategis di situs suci. Jumlah ini akan meningkat seiring dengan perluasan situs suci," katanya.

Sementara, CEO Perusahaan Listrik Arab Saudi (SEC) Ali bin Saleh Al-Barrak mengatakan pasokan listrik ke Masjidil Haram tetap terjamin. Perusahaan listrik Arab Saudi memegang peranan penting terhadap kesuksesan manajemen jamaah, ketika sekitar 2 juta jamaah berkumpul di Mekah dan Mina, Arafah, dan Muzdalifah.

Al-Barrak mengunjungi kantor SEC di Mekah untuk melihat persiapan menjelang puncak ibadah haji. "Kami telah melakukan sejumlah rencana untuk terus melakukan pasokan listrik," kata Al Barrak. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini