Sukses

Jumlah Pemudik Meningkat, BKKBN Dirikan Posko Mudik di Rest Area KM 72A Tol Cipularang

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) turut ambil bagian dalam momentum mudik tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) turut ambil bagian dalam momentum mudik tahun ini. Mengingat jumlah pemudik lebaran 2024 yang dikatakan pemerintah meningkat hingga 50%, maka BKKBN mendirikan posko mudik di sejumlah titik.

“Sebut saja Posko Mudik BKKBN di Terminal Kampung Rambutan, Rest Area KM 39, Rest Area KM 102, Rest Area 68 arah Merak, Masjid Raya Ciasem (Pantura),” kata Deputi Advokasi, Penggerakan dan Informasi BKKBN RI, Sukaryo Teguh Santoso melalui siaran pers diterima, Selasa (9/4/2024).

Sukaryo menambahkan, hal yang sama juga telah dilakukan pada Rest Area KM 72A tol Cipularang. Dia menjelaskan, Posko Mudik BKKBN ini diadakan selama tiga hari menjelang Idul Fitri, dari 7 hingga 9 April 2024.

“Pendirian Posko ini dilaksanakan oleh Direktorat Informasi, Komunikasi, Edukasi (KIE) BKKBN. Setidaknya, di setiap hari kegiatan pelayanan yang digelar, empat personil KIE dan komponen pendukung lainnya menggawangi posko tersebut. Didampingi petugas medis,” ungkap Sukaryo.

Senada dengan itu, Ratna Juita Razak Koordinator Posko Mudik BKKBN tahun 2024, pelayanan yang diberikan tahun ini berupa cek kolesterol, asam urat dan gula darah.

“Ada juga pemeriksaan tekanan darah, souvenir dan takjil menanti bagi mereka yang memanfaatkan pelayanan di posko ini,” tutur Ratna.

Ratna berharap, BKKBN dapat menyasar 100 pemudik tahun ini yang akan mendapat pelayanan di Posko Mudik BKKBN. Posko Mudik BKKBN 2024 juga membuka ruang laktasi bagi ibu yang ingin menyusui bayinya.

“Animo pemudik dalam memanfaatkan pelayanan di posko ini terbilang cukup tinggi. Bahkan posko ini juga banyak dikunjungi petugas yang bertugas di rest area tersebut untuk memeriksakan kondisi kesehatannya,” ujar Ratna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Respons Positif Warga

Seorang pemudik bernama Eko, selepas melakukan tes kesehatan di Posko Mudik BKKBN menilai bahwa pemeriksaan yang diadakan BKKBN sangat membantu mendeteksi kesehatan pemudik.

"Banyak pemudik tidak mengetahui kondisi kesehatan mereka saat mudik. Jadi, Pemeriksaan kesehatan ini penting karena akan mengingatkan pemudik tentang kesehatannya. Sehingga mereka bisa lebih menjaga asupan makanan selama perjalanan dan selama mudik di kampung halaman," ujar Eko.

Komentar bernada masukan dikemukakan pemudik lainnya. Adalah Yuyun yang mengusulkan agar BKKBN lebih memperbanyak posko mudik.

“Pelayanan ini alangkah baiknya bisa ditingkatkan, bukan hanya di lokasi ini saja karena sangat bermanfaat bagi pemudik. Dan tahun depan kami harapkan BKKBN tetap membuka posko semacam ini di banyak titik," ujar Yuyun menambahkan.

Sementara petugas kepolisian yang bertugas di H-1 Rabu (9/4/2024), di Rest Area KM 72A, Ipda Sholeh menilai pelayanan cek gula darah, kolesterol, asam urat dan tensi di Posko Mudik BKKBN sangat diperlukan bagi pemudik.

“Bagi pemudik yang tidak sempat atau jarang memeriksakan kesehatannya, posko BKKBN di Rest Area KM 72A sangat membantu," ujar Ipda Sholeh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.