Sukses

Siapakah yang Wajib Bayarkan Zakat Fitrah Anak Tiri?

Zakat fitrah untuk anak tiri, siapakah yang wajib menanggung ini? Apakah ayah tirinya?

Liputan6.com, Jakarta - Dalam Islam,  anak tiri atau anak angkat (anak dari pernikahan sebelumnya yang diadopsi oleh suami atau istri yang baru menikah) memiliki beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan. Secara hukum, hubungan antara anak tiri dengan orang tua angkatnya berbeda dengan hubungan biologis.

Meskipun demikian, Islam mendorong untuk memberikan perlakuan yang adil dan kasih sayang kepada anak tiri sebagaimana yang diberikan kepada anak kandung.

Allah SWT dalam Al-Qur'an menegaskan pentingnya memperlakukan anak yatim dengan baik dan adil. Hal ini juga dapat diterapkan pada anak tiri. Rasulullah Muhammad SAW juga mencontohkan kasih sayang kepada anak angkat, seperti kasih sayangnya kepada Zaid bin Haritsah yang diangkatnya sebagai anak angkat.

Dalam Islam, penting bagi keluarga untuk membina hubungan yang harmonis dan penuh kasih sayang antara anak tiri dengan anggota keluarga lainnya.

Tak terkecuali dengan urusan zakat fitrah, sebagai satu kewajiban yang ditunaikan di bulan Ramadhan seperti saat ini.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Dalil tentang Zakat Fitrah

Menukil BincangMuslimah.com mari kita pelajari dalil mengenai kewajiban zakat fitrah bagi setiap muslim.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا: “أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ فَرَضَ زَكَاةَ الفِطْرِ مِنْ رَمَضَانَ عَلَى النَّاسِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أوْ صَاعًا مِنْ شَعِيْرٍ عَلَى كُلِّ حُرٍّ أوْ عَبْدٍ ذَكَرٍ أوْ أنْثَى مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ” أخرجه البخاري في “صحيحه”.

Artinya: “Dari Ibnu Umar RA, bahwasannya Rasulullah SAW. mewajibkan zakat fitri dari bulan Ramadhan atas manusia satu sha’ dari kurma atau satu sha’ dari gandum bagi setiap umat muslim yang merdeka atau hamba sahaya, baik laki-laki maupun perempuan.” (HR. Al-Bukhari)

Hadis tersebut menjelaskan bahwa kewajiban zakat fitrah ditunaikan dengan membayar makanan pokok. Kewajiban ini tidak hanya dibebankan kepada orang merdeka tapi budak pada masa itu. Bahkan bukan hanya orang dewasa, tapi juga bayi lahir dan anak-anak yang belum bekerja maka mereka ditanggung beban harta zakatnya oleh sang wali yang dalam hal ini biasanya adalah ayah kandungnya.

Anak tiri adalah anak yang berasal dari pasangan bersama suami atau istri sebelumnya. Dalam pernikahan kedua, anak dari istri yang ikut tinggal bersama suami baru biasanya akan ditanggung nafkahnya oleh suaminya yang baru.

 

3 dari 3 halaman

Sosok yang Menanggung Zakat Fitrah Anak Tiri

Terutama jika sang istri yang baru adalah janda yang ditinggal wafat oleh suami sebelumnya. Jika istri yang baru dinikahi ini adalah janda cerai, biasanya mantan suaminya tetap memberi nafkah kepada anaknya saja.

Dalam hal menanggung pembayaran zakat fitrah anak tiri, jika ayah tiri turut menanggung nafkah harian anak tirinya, maka ia juga berkewajiban membayarkan zakat fitrahnya. Hal ini merujuk pada pendapat Ibnu Qudamah dalam al-Mughni,

«وجملته أن زكاة الفطر تجب على كل مسلم، مع الصغر والكبر، و الذكورية والأنثوية، في قول أهل العلم عامة، وتجب على اليتيم، ويخرج عنه وليه من ماله، وعلى الرقيق»

Artinya: Kesimpulannya adalah bahwa zakat fitrah itu wajib bagi setiap muslim baik anak-anak maupun orang dewasa, laki-laki dan perempuan, dan menurut pendapat para ulama secara umum bahwa zakat fitrah itu tetap wajib bagi anak yatim yang dikeluarkan oleh walinya, begitu juga ada kewajiban bagi budak (yang ditunaikan oleh tuannya).

Konteks perwalian di sini adalah orang dewasa yang menanggung nafkah dan urusannya mengelola harta. Dari keterangan ini bisa disimpulkan bahwa seorang ayah yang turut menafkahi anak tirinya di kehidupan sehari-hari juga wajib menanggung pembayaran zakat fitrahnya. Demikian keterangan mengenai peran ayah untuk membayarkan zakat fitrah anak tirinya.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.