Sukses

Hormati Puasa Ramadhan Pemain Muslim, Duel Liga Inggris Newcastle vs Everton Sempat Jeda di Waktu Buka

Kompetisi sepak bola bergengsi Liga Inggris kembali menunjukkan toleransi tinggi terhadap pemain Muslim di tengah bulan Ramadhan 2024. Hal itu terbukti dari adanya jeda untuk para pemain Muslim berbuka puasa pada menit ke-20 dalam pertandingan Newcastle United melawan Everton, Rabu (3/4/2024) dini hari WIB

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi sepak bola bergengsi Liga Inggris kembali menunjukkan toleransi tinggi terhadap pemain Muslim di tengah bulan Ramadhan 2024.

Hal itu terbukti dari adanya jeda pada menit ke-20 pertandingan Newcastle United vs Everton, Rabu (3/4/2024) dini hari WIB, yang dimaksudkan untuk memberi waktu berbuka bagi para penggawa yang menjalankan ibadah puasa.

Dilansir dari Daily Mail, beberapa pemain Everton di laga tersebut, mulai dari Amadou Onana, Idrissa Gueye, hingga Abdoulaye Doucoure memang diketahui merupakan penganut Muslim dan tengah menunaikan kewajiban puasa Ramadhan.

Alhasil mereka tampak menyempatkan diri melipir ke pinggir lapangan di tengah-tengah pertandingan guna menyantap makanan sebagai tanda berbuka puasa.

Momen tersebut sontak menuai decak kagum dari warganet di media sosial. Daily Mail mengungkap sejumlah penggemar melontarkan pujian kepada klub sekaligus pihak Liga Inggris yang dinilai menunjukkan toleransi dan penghargaan terhadap praktik keagamaan Muslim.

"(Saya) menyaksikan para pemain Muslim berbuka puasa saat pertandingan Newcastle vs Everton bersama anak-anak perempuan saya. Mereka benar-benar terkagum (melihat itu). Putri sulung saya berkata, '(Hal itu) sangat bagus. Sanjungan layak diberikan untuk Premier League atas momen itu.' Saya sudah membesarkan mereka (anak-anak) dengan baik," tulis seorang jurnalis bernama Leon Mann di X, seperti dilansir dari Daily Mail.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Duel Newcastle Vs Everton Disebut Berkelas

Pendapat serupa juga disampaikan oleh fans lain yang turut menyaksikan momen hangat buka puasa di tengah laga Liga Inggris yang mempertemukan Newcastle United dengan Everton dini hari tadi.

Penggemar menilai kedua klub telah menunjukkan sikap berkelas lantaran mampu menghargai perbedaan latar belakang agama dengan memberi waktu khusus bagi pemain yang menjalankan ibadah puasa.

"NUFC (Newcastle United) dan Everton sungguh berkelas karena telah memberi waktu buat para pemain Muslim berbuka puasa," ujar penggemar lain melalui cuitannya di X.

"Jeda terjadwal bagi para pemain (Muslim) berbuka puasa di laga Newcastle vs Everton, sangat menyenangkan untuk dilihat," ungkap fans berbeda, seperti dikutip dari Daily Mail.

3 dari 3 halaman

Klub-Klub Inggris Gelar Buka Bersama

Sekadar informasi, klub-klub sepak bola Inggris memang cukup terkenal punya toleransi tinggi terhadap komunitas Muslim di tengah bulan puasa Ramadhan. Hal itu tercermin dari adanya sejumlah tim yang membuka kandang mereka untuk dijadikan lokasi buka bersama.

Luton Town salah satunya. Klub Premier League itu belum lama ini menggelar acara bukber di Kenilworth Road dengan mengundang jemaah Muslim dari Masjid Madinah, yang letaknya tak jauh dari kandang mereka.

Tak ketinggalan, tim divisi dua Blackburn Rovers juga mengisi kegiatan di bulan Ramadhan 2024 dengan menyelenggarakan bukber lewat kolaborasi bersama badan amal Ramadan Tent Project. Tim Championship itu menampung lebih dari 350 peserta bukber di markas mereka, Ewood Park.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.