Sukses

Ngabuburit di Maumere NTT, Biarawati Ikut Ramai-Ramai Rebutan Takjil Ramadhan

Berburu takjil di Maumere, tak hanya dilakukan umat muslim yang sedang berpuasa, namun juga umat beragama lain

Liputan6.com, Sikka - Predikat Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai Nusa Toleransi Tinggi memang nyata. Hal ini diwujudnyatakan di bulan Ramadhan dengan fenomena baru, yakni berburu takjil lintas agama.

Di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT tidak hanya umat muslim yang berjualan takjil, namun umat Nasrani pun ikut menjajakan berbagai jenis masakan bagi umat muslim yang berbuka puasa.

Di tengah kemacetan karena ramainya pengunjung, ada pesan toleransi yang wajib ditiru oleh daerah lain. Berburu takjil di Maumere, tak hanya dilakukan umat muslim yang sedang berpuasa, namun juga umat beragama lain.

Seorang pedagang, Siti mengatakan tradisi berburu takjil lintas agama itu dilakukan sejak dahulu kala. Menurut dia, momen bulan puasa biasanya dimanfaatkan seluruh umat beragama di kota Maumere untuk mengais rezeki.

Ia mengatakan selain penjual dari lintas agama, pasar takjil itu pun menjadi buruan umat beragama lain yang datang untuk menikmati kuliner.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Biarawati Sr. Maria

Ia mengaku omzet jualannya di bulan Ramadhan meningkat drastis lantaran pasar takjil itu selalu ramai dikunjungi warga setiap sore.

"Lumayan besar, bisa sejuta setiap sore," katanya.

Sementara salah satu biarawati, Sr. Maria mengaku kedatangannya ke pasar takjil Kelurahan Beru itu rutin dilakukan setiap sore.

Ia mengaku bangga dengan budaya toleransi antar umat beragama di kabupaten Sikka yang terus terawat dengan baik.

"Bulan Ramadhan bagi kami di NTT adalah momen menyatukan keberagaman. Di sini semua lintas agama saling menghargai," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.