Sukses

UAH Ungkap Sosok Teman yang Dapat Memberi Syafaat di Hari Kiamat, Siapa Dia?

Apakah anda salah satunya? Sosok teman yang bisa memberi syafaat di hari kiamat?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah pepatah lama, "Jika engkau berteman dengan tukang parfum, maka engkau akan tertular wanginya". Artinya dengan siapa kamu memilih pergaulan maka hal tersebut akan mencerminkan dirimu.

Ustadz Adi Hidayat atau dikenal UAH menyebutkan ada beberapa teman yang dapat memberi syafaat saat hari kiamat tiba. Di mana orang-orang tersebut tergolong orang yang dapat menjauhkan kita dari panasnya api neraka.

Maka semakin kita dewasa, sebaiknya semakin bijak dalam memilih dan menjaga pergaulan terutama dalam hal pertemanan.

Lalu apakah kamu tahu golongan teman yang dapat memberikan syafaat di hari kiamat dan seperti apakah teman yang dapat menjauhkan kita dari panasnya api neraka?

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri Teman yang Bisa Memberi Syafaat

Dilansir dari kajiandakwahislam.net pada Senin (1/1/2024), Ustadz Adi Hidayat menyebutkan dalam ceramahnya, golongan teman yang dapat memberikan syafaat adalah seorang teman yang shalih dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Hasan Al- Bashri berkata,

استكثروا من الأصدقاء المؤمنين فإن لهم شفاعة يوم القيامة

”Perbanyaklah berteman dengan orang- orang yang beriman. Karena mereka memiliki syafaat pada hari kiamat.” (Ma’alimut Tanzil 4/268)

Adapun seorang teman yang shalih dapat menjauhkan kita dari siksa neraka dan menarik kita untuk dapat memasuki surganya Allah SWT. Dimana pertemanan saat di dunia menjalin kebersamaan dalam hal berpuasa, sholat dan menunaikan ibadah haji.

3 dari 4 halaman

Sabda Nabi Muhammad SAW tentang Syafaat

Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang syafaat di hari kiamat,

حتى إذا خلص المؤمنون من النار، فوالذي نفسي بيده، ما منكم من أحد بأشد مناشدة لله في استقصاء الحق من المؤمنين لله يوم القيامة لإخوانهم الذين في النار، يقولون: ربنا كانوا يصومون معنا ويصلون ويحجون، فيقال لهم: أخرجوا من عرفتم، فتحرم صورهم على النار، فيخرجون خلقا كثيرا قد أخذت النار إلى نصف ساقيه، وإلى ركبتيه، ثم يقولون: ربنا ما بقي فيها أحد ممن أمرتنا به، فيقول: ارجعوا فمن وجدتم في قلبه مثقال دينار من خير فأخرجوه، فيخرجون خلقا كثيرا، ثم يقولون: ربنا لم نذر فيها أحدا ممن أمرتنا…

Setelah orang-orang mukmin itu dibebaskan dari neraka, demi Allah, Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh kalian begitu gigih dalam memohon kepada Allah untuk memperjuangkan hak untuk saudara- saudaranya yang berada di dalam neraka pada hari kiamat. Mereka memohon: Wahai Tuhan kami, mereka itu (yang tinggal di neraka) pernah berpuasa bersama kami, shalat, dan juga haji.

Dijawab: ”Keluarkan (dari neraka) orang-orang yang kalian kenal.” Hingga wajah mereka diharamkan untuk dibakar oleh api neraka.

 

4 dari 4 halaman

Bijaklah Memilih Teman Pergaulan

Para mukminin inipun mengeluarkan banyak saudaranya yang telah dibakar di neraka, ada yang dibakar sampai betisnya dan ada yang sampai lututnya.

Kemudian orang mukmin itu lapor kepada Allah, ”Ya Tuhan kami, orang yang Engkau perintahkan untuk dientaskan dari neraka, sudah tidak tersisa.”

Allah berfirman, ”Kembali lagi, keluarkanlah yang masih memiliki iman seberat dinar.”

Maka dikeluarkanlah orang mukmin banyak sekali yang disiksa di neraka. Kemudian mereka melapor, ”Wahai Tuhan kami, kami tidak meninggalkan seorangpun orang yang Engkau perintahkan untuk dientas…” (HR. Muslim no. 183).

Setelah mengetahui golongan teman yang dapat memberi syafaat di hari akhir nanti, sentiasa kita dapat lebih bijak dalam memilih lingkungan pertemanan agar dapat selamat dunia dan akhirat.

Penulis :Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.