Sukses

Sosok Menyeramkan Malaikat Malik Penjaga Neraka, Segeralah Bertobat Sebelum Menyesal

Salah satu nama hari kiamat yaitu yaumul jaza, artinya hari pembalasan. Hari itu manusia akan diberikan balasan yang setimpal sesuai amal perbuatannya.

Liputan6.com, Cilacap - Salah satu nama hari kiamat yaitu Yaumul Jaza, artinya hari pembalasan. Hari itu manusia akan diberikan balasan yang setimpal sesuai amal perbuatannya.

Salah satu tempat untuk membalas amal perbuatan manusia ialah neraka. Ia merupakan tempat pembalasan bagi hamba-hamba Allah yang durhaka.

Neraka dijaga oleh malaikat yang bernama Malik. Ia memiliki wajah yang sangat menyeramkan dan memiliki 19 asisten yang disebut dengan malaikat Zabaniyah.

Malaikat Malik ini merupakan sosok malaikat yang tidak pernah tersenyum. Hanya saja ia pernah tersenyum sekali ketika berjumpa dengan Rasulullah SAW.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berwajah Sangar

Menukil islamkaffah.id, dalam benak manusia, malaikat pastilah berbusana putih, memiliki sayap yang indah serta wajah yang rupawan. Namun malaikat yang satu ini sangat berbeda dengan pikiran manusia. Dia memiliki raut muka yang sangar dan tatapan mata yang teramat menakutkan, Diialah si penjaga pintu neraka yakni, Malaikat Malik.

Malik memiliki arti raja, raja adalah pemimpin, ia memimpin para malaikat yang bernama Zabaniyah. Ketika Allah SWT memerintahkan sesuatu pada malaikat Malik, baik dirinya ataupun malaikat Zabaniyah akan mengikuti perintahnya tanpa membantah atau menanyakan alasannya.

Malaikat Zabaniyah berjumlah 19 sesuai jumlah huruf dalam basmalah. Mereka semua membantu malaikat Malik untuk mengeksekusi para pendosa. Meski tugasnya hanya membantu malaikat Malik, namun penampilan malaikat Zabaniyah juga tak kalah sangar.

Menurut al-Qurthubi, malaikat Zabaniyah adalah para malaikat yang berhati keras, tidak mempunyai rasa belas kasihan karena mereka diciptakan dari kemarahan. Mereka lebih suka mengadzab makhluk, sebagaimana manusia mencintai makan dan minum

3 dari 4 halaman

Asisten Malaikat Malik yang Mulutnya Mengeluarkan Semburan Api

Perlu di ketahui bahwa ketika berbicara, mulut para malaikat Zabaniyah ini akan mengeluarkan api yang  sangat panas. Mereka memiliki panjang tubuh setara dengan satu tahun perjalanan kita menggunakan kali.

Malaikat Allah yang satu ini sangat mengerikan, dengan satu tangan Zabaniyah dapat melempar 10.000 orang kafir masuk dalam neraka. Zabaniyah pun juga menggunakan kaki-kakinya untuk menceburkan para ahli neraka.

Dalam  neraka para orang kafir dibakar hingga menjadi luluh dan kemudian lahir kembali. Para ahli neraka ini merasakan panas abadi untuk selama-lamanya.

Namun saat malaikat Zabaniyah melempar para muslim yang berdosa, api tidak mau menyambar tubuh mereka. Adanya keyakinan akan Allah membuat orang muslim ini tidak tersentuh api neraka.

Namun karena mereka masih mempunyai dosa, para muslim ini tetap harus menjalani siksaan untuk menyucikan kesalahan yang mereka perbuat di dunia.

4 dari 4 halaman

Segeralah Bertobat

Karena neraka adalah tempat yang begitu menyeramkan, maka hendaklah kita sebagai muslim mulai berbenah diri untuk melakukan amal saleh dan juga menjauhi segala yang di larang oleh Allah supaya kita tidak menjadi hamba yang merugi di hari akhir. Dalam

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” QS at-Tahrim: 6.

Keyakinan terhadap adanya malaikat Malik memberikan pelajaran penting agar manusia menjaga diri agar tidak terhina dalam neraka.

Penulis: Khazim Mahrur/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.