Sukses

Umat Islam Belanda Desak UU Perlindungan Umat Beragama, Buntut Pembakaran Al-Qur'an

Umat Islam mengikuti aksi protes yang diorganisir organisasi Islam di kota Den Haag, Belanda pada Jumat di tengah insiden Islamofobia di seluruh Eropa, buntut penistaan dan pembakaran Al-Qur'an

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam mengikuti aksi protes yang diorganisir organisasi Islam di kota Den Haag, Belanda pada Jumat di tengah insiden Islamofobia di seluruh Eropa.

Para pengunjuk rasa membawa Al-Qur'an dan berkumpul di Lapangan Malieveld. Mereka membawa spanduk dengan tulisan "Quran memberikan cahaya untuk membimbing kami, api tidak dapat membakar matahari" dan "Saya cinta Quran" sambi berjalan menuju kedutaan Denmark dan Swedia.

Mereka mengkritik pemerintah yang mengizinkan tindakan kebencian terhadap Al-Qur'an seraya menyerukan kalimat "Berhenti membakar buku dan kitab suci kami," dan "Pemerintah Denmark dan Swedia memalukan!" beberapa demonstran juga membaca ayat Quran.

Serdar Isik, seorang psikolog, membaca pernyataan di depan Kedutaan Swedia dan menyebut serangan terhadap Quran berupa pembakaran Al-Qur'an di Denmark, Swedia, dan Belanda sangat menyakiti umat Islam dan merusak Quran di bawah perlindungan polisi adalah tindakan rasis.

Isik mengecam pedas Walikota Den Haag Jan van Zanen, yang mengizinkan penistaan terhadap Quran. "Hal itu menyakiti kami bahwa rasis dan fasis diizinkan menodai nilai-nilai lebih dari satu juta Muslim di Belanda secara terang-terangan," kata Isik.

Dia mengatakan demonstran menuntut Pemerintah Belanda menyiapkan undang-undang menekankan perlindungan perdamaian umat beragama dan memastikan kelompok agama dan non-agama serta individu dapat hidup berdampingan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Serangan terhadap Quran di Swedia, Denmark dan Belanda

Rasmus Paludan, seorang politisi sayap kanan Denmark dan pemimpin Partai Stram Kurs (Garis Keras), terus melakukan provokasi dengan membakar Quran di kota Malmo, Norkopin, Jonkoping dan Stockholm di Swedia selama liburan Paskah pada 2022.

Paludan membakar kitab suci umat Islam di depan kedutaan Turki di Stockholm pada 21 Januari dan di Kopenhagen pada 27 Januari.

Edwin Wagensveld, pemimpin organisasi Islamofobia, gerakan Patriotik Eropa Melawan Islamisasi Barat (PEGIDA) di Belanda, merobek Quran dalam demo satu orang di Den Haag pada 22 Januari di bawah perlindungan polisi, dan pada 13 Februari di kota Utrecht.

Kelompok Muslim berkumpul di lokasi dimana demo di Rotterdam akan berlangsung dan mengadakan demonstrasi tandingan karena demonstrasi PEGIDA tidak dilarang meskipun ada pengumuman bahwa anggota kelompok tersebut akan membakar Al-Quran.

Wagensveld, yang dibebaskan hari itu juga setelah ditahan, ingin melanjutkan aksi serupa di Den Haag pada hari berikutnya namun polisi menahan dirinya dengan alasan tidak mematuhi aturan demokrasi.

 

3 dari 3 halaman

Salwan Momika dan Bahrami Marjan

Pada 18 Agustus, Wagensveld merobek Quran di depan kedutaan Turki di Den Haag.

Di Stockholm, Salwan Momika membakar Quran di bawah perlindungan polisi di depan Masjid Stockhol pada 28 Juni yang bersamaan dengan hari raya Idul Adha.

Selanjutnya Momika menginjak Quran dan bendera Irak dalam perlindungan polisi di depan kedutaan Irak di Stockholm pada 20 Juli dan melakukan aksi serupa pada 14 dan 31 Juli di depan Parlemen Swedia.

Tak sampai di situ, Momika kembali melakukan aksinya menodai Quran di depan Kedutaan Iran di Stockholm dalam perlindungan polisi

Selain ketiga orang tersebut ada Bahrami Marjan, perempuan asal Iran, yang membakar Quran di pantai Angbybadet, Stockholm pada 3 Agustus dalam perlindungan polisi.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.