Sukses

Doa Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air yang Diajarkan Rasulullah SAW

Dalam menyambut jemaah haji, kita dianjurkan mendoakan jemaah haji sepulang mereka menunaikan ibadah di Tanah Suci. Berikut doa menyambut jemaah haji yang diajarkan Rasulullah SAW.

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah haji asal Indonesia yang telah menyelesaikan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci akan pulang ke Tanah Air. Proses pemulangan jemaah haji akan dilakukan per kloter.

Sementara itu, saudara dan kerabatnya sudah tidak sabar menunggu di rumah. Tentu saja mereka siap menyambut kedatangan jemaah haji dari Tanah Suci.

Dalam menyambut jemaah haji, kita dianjurkan mendoakan jemaah haji sepulang mereka menunaikan ibadah di Tanah Suci. Berikut doa menyambut jemaah haji yang diajarkan Rasulullah SAW.

قَبَّلَ اللهُ حَجَّكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَأَخْلَفَ نَفَقَتَكَ

Qabballallâhu hajjaka, wa ghafara dzanbaka, wa akhlafa nafaqataka. 

Artinya: “Semoga Allah menerima ibadah hajimu, mengampuni dosamu, dan mengganti pengeluaranmu.” 

Mengutip NU Online, doa tersebut terdapat dalam kitab Al-Adzkar karya Imam An-Nawawi. Doa ini dibaca Rasulullah SAW ketika mendoakan seorang jejaka sebelum berangkat dan sepulang dari ibadah haji.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Menyambut Jemaah Haji Berikutnya

Selain doa tersebut, umat Islam juga dapat mengamalkan doa menyambut jemaah haji berikut yang dikutip dari hadis riwayat Abu Hurairah RA.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْحَاجِّ وَلِمَنِ اسْتَغْفَرَ لَهُ الحَاجُّ 

Allâhummaghfir lil hâjj, wa li man istaghfara lahul hâjj. 

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosa jamaah haji ini dan dosa orang yang dimintakan ampun oleh jamaah haji ini.” 

Mengutip NU Online, riwayat yang mencantumkan doa tersebut disebutkan oleh Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar yang dikutip dari Sunan Al-Baihaqi. Menurut Imam Al-Hakim, hadits ini shahih berdasarkan syarat hadis Muslim. Wallahu a‘lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.