Sukses

Kisah Sukses Polisi Juragan Sapi Jumbo di Pemalang, Ketiban Berkah Idul Adha

Boleh dibilang, Aiptu Sugino adalah polisi juragan sapi. Sapi-sapinya kini disuplai untuk hewan kurban Idul Adha

Liputan6.com, Jakarta - Momen hari raya Idul Adha menjadi musim panen bagi peternak kambing, domba, sapi, hingga kerbau. Harga hewan ruminansia itu melonjak tinggi.

Salah satu peternak yang ketibah berkah Idul Adha adalah Sugino. Uniknya, Sugino adalah seorang polisi.

Boleh dibilang, Sugino adalah polisi juragan sapi. Sapi-sapinya kini disuplai untuk hewan kurban Idul Adha.

Aiptu Sugino merupakan personel Polres Pemalang yang bertugas di Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas). Kisah sukses-nya menjadi inspirasi bagi rekan-rekannya.

Dia kini berhasil memiliki peternakan sapi dengan sapi-sapi yang sehat dan siap dipasarkan menjelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriyah.

Aiptu Sugino mengatakan, awal mula menggeluti peternakan sapi tidaklah mudah. Bahkan ia sempat meminjam uang di Koperasi untuk memulai usahanya.

"Peternakan dimulai pada tahun 2.000-an, awalnya hanya beberapa ekor saja, kemudian berkembang hingga akhirnya memiliki puluhan ekor sapi yang menempati tiga kandang semenjak tahun 2016," kata Aiptu Sugino.

Berkat kesuksesannya, peternakan miliknya kini turut berpartisipasi mensuplai kebutuhan sapi dan daging di Pasar Kajen, Wiradesa Pekalongan, Randudongkal Pemalang dan Slawi Tegal.

"Permintaan cenderung meningkat menjelang hari besar keagamaan, seperti hari raya Idul Adha, Idul Fitri dan Maulid Nabi Muhammad SAW," kata Sugino.

Menjelang Idul Adha tahun ini, Aiptu Sugino mengaku telah menerima pesanan sebanyak 55 ekor sapi untuk hewan kurban.

"Beberapa pembeli sapi untuk kurban adalah rekan kerja kami di Polres Pemalang, serta pelanggan setia yang memesan dari peternakan kami setiap tahunnya," ucap dia.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Urus Pertenakan di Sela Waktu Dinas

Berkat kesuksesannya tersebut, Sugino kini berhasil menguliahkan anaknya ke fakultas kedokteran.

"Tentunya dengan usaha ini, selain untuk membantu kecukupan biaya sekolah anak kami, juga sebagai wujud partisipasi kami dalam menjaga ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Pemalang, Pekalongan dan Tegal," kata Sugino.

Dengan peternakan sapi yang telah dijalankan, dirinya juga ingin membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar, dengan mengajak mereka untuk bekerja di peternakan sapi miliknya.

"Secara keseluruhan terdapat 7 orang karyawan yang setiap harinya bekerja di peternakan," kata Aiptu Sugino.

Aiptu Sugino mengatakan, peternakan sapi yang ia kelola dapat tetap produktif, tanpa mengganggu jam dinasnya.

"Sebelum dan setelah pulang berdinas, waktu senggang kami manfaatkan untuk membersihkan kandang, memberikan pakan serta jamu pada sapi ternak," kata Aiptu Sugino.

Salah seorang pembeli yang datang, Zumaroh (49) mengatakan, ia membeli sapi di peternakan milik Aiptu Sugino, karena selain harganya terjangkau juga kondisinya sehat.

"Jadi lebih senang aja berlangganan di sini, karena beliau Aiptu Sugino orangnya ramah dan baik," kata Zumaroh.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.