Sukses

Geliat Persiapan Menyambut Puluhan Ribu Umat Islam yang Hadiri Haul Guru Tua di Palu

Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Palu akan menyiagakan 420 personil gabungan sebagai upaya menjaga keamanan Haul Guru Tua yang akan berlangsung di Jalan Sis Aljufri, Kelurahan Siranindi, Kota Palu, Sulawesi Tengah pada Rabu (3/5)

Liputan6.com, Palu - Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Palu akan menyiagakan 420 personil gabungan sebagai upaya menjaga keamanan Haul Guru Tua yang akan berlangsung di Jalan Sis Aljufri, Kelurahan Siranindi, Kota Palu, Sulawesi Tengah pada Rabu (3/5).

"Untuk peringatan Haul Guru Tua di hari Rabu nanti, kami menurunkan sebanyak 420 personil gabungan," kata Kepala Polres (Kapolresta) Palu, Kombes (Pol) Barliansyah saat dihubungi di Palu, Minggu.

Barliansyah mengatakan, untuk Festival Raudhah yang merupakan rangkaian acara peringatan Haul Guru Tua yang akan dimulai Minggu (30/4) malam ini, pihaknya menurunkan 50 personel untuk melakukan pengamanan.

Ia mengemukakan pihak kepolisian gabungan tersebut meliputi personil Bawah Kendali Operasi (BKO) Kepolisian Daerah (Polda) Sulteng, Tentara Nasional Indonesia (TNI), serta anggota Polresta Palu.

Menurut dia, pihak Polresta Palu juga akan melakukan rekayasa lalulintas di area tersebut untuk menghindari terjadinya kemacetan. Hal tersebut dilakukan agar situasi saat berlangsungnya kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Barliansyah meminta kepada masyarakat Kota Palu yang merupakan tuan rumah pelaksana dari Festival Raudhah yang merupakan rangkaian Haul Guru Tua untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi masyarakat dari daerah lain yang datang ke Kota Palu.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya giat tersebut.

"Apabila nanti dalam pelaksanaan kegiatan ini terjadi hal-hal yang tidak diinginkan serta mengganggu ketertiban atau perbuatan tindak pidana, segera melapor kepada kami," katanya.

Ia mengharapkan seluruh rangkaian acara dapat berjalan dengan lancar, aman serta kondusif.

Festival Raudhah sendiri merupakan rangkaian Haul ke-55 Habib Sayid Idrus bin Salim (Sis) Aljufri atau Guru Tua yang dilaksanakan Pemerintah Kota Palu bekerja sama dengan Pengurus Besar (PB) Alkhairaat. Festival tersebut akan dilaksanakan dari tanggal 30 April hingga 3 Mei 2023 di Jalan Sis Aljufri, Kota Palu.

Habib Idrus Bin Salim Aljufri merupakan salah satu ulama pembawa Islam di Sulawesi Tengah sekaligus pelopor pendidikan Islam Kawasan Timur Indonesia. Menurut catatan Pengurus Besar (PB) Alkhaairat, Haul Guru Tua pada tahun 2022 dihadiri 50 ribu umat Islam berasal dari wilayah Sulteng, Pulau Kalimantan hingga Papua.

Tim Rembulan

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.