Sukses

11 Minuman Khas Ramadhan dari Berbagai Belahan Dunia, Segar dan Lezat

Minuman tradisional Ramadhan dari berbagai belahan dunia ini tidak hanya segar dan lezat, tetapi juga bernutrisi.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan merupakan bulan penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Setelah berpuasa dari fajar hingga senja, buka puasa menjadi momen penting untuk mengisi kembali energi tubuh yang terkuras sepanjang hari. Tak jarang, seseorang menyiapkan minuman khusus untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Berikut minuman khas Ramadhan dari berbagai negara yang populer dikonsumsi saat bulan suci menurut UAE Moments:

1. Qamar Al-Din

Qamar Al-Din adalah minuman populer asal Timur Tengah yang sering dikonsumsi selama bulan suci Ramadan. Minuman ini terbuat dari campuran pasta aprikot kering, air, gula, dan daun mint.

Aprikot, yang memiliki rasa manis dan mewah, adalah bintang dari minuman ini. Aprikot kering memang merupakan bahan yang sangat digemari dalam masakan Timur Tengah. Buah ini juga dianggap berharga oleh orang Romawi.

Sebab sangat menyegarkan dan bergizi, Qamar Al-Din menjadi minuman yang sempurna untuk dikonsumsi saat buka puasa.

2. Jallab

Jallab adalah minuman menyegarkan yang sangat populer di Timur Tengah, khususnya di Uni Emirat Arab dan biasanya dikonsumsi selama Ramadan.

Minuman ini dibuat dengan mencampur pasta kurma dan molase anggur dengan air mawar, es, dan almond yang direndam. Minuman ini tidak hanya menghidrasi dan memberi energi tetapi juga memberikan nutrisi bagi tubuh.

3. Hilo Murr

Hilo Murr adalah minuman khas Ramadhan yang populer di Sudan. Minuman ini terbuat dari jagung fermentasi dan rempah-rempah. Minuman ini memiliki aroma dan rasa kayu manis, jahe, dan hibiscus yang kuat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Susu Kurma

Minuman simpel ini populer dikonsumsi di wilayah Timur Tengah. Untuk membuatnya, cukup rendam kurma kering dalam susu semalaman sebelum kemudian dihaluskan.

Tidak hanya saat Ramadan, minuman dari kurma dan susu ini sering dikonsumsi oleh umat Islam sebagai pelepas dahaga setelah puasa apa saja.

5. Tamar Hindi

Di negara-negara Timur Tengah, tamarin dikenal sebagai Tamr Hindi, yang diterjemahkan sebagai kurma India. Tamar Hindi adalah minuman asam populer yang dikonsumsi selama bulan suci Ramadan di Uni Emirat Arab serta seluruh kawasan Timur Tengah.

Minuman ini dibuat dengan merendam tamarind kemudian mencampurnya dengan gula dan air untuk menciptakan rasa yang asam dan menyegarkan. Minuman ini cocok dikonsumsi saat berbuka puasa.

6. Sobia

Sobia adalah minuman berbuka dari gandum yang populer di seluruh kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara selama Ramadan. Sobia dibuat dengan memfermentasi beras dengan air, gula, susu, dan santan semalaman.

Minuman ini biasa dijual para pedagang kaki lima di Arab Saudi dan Mesir selama Ramadan. Segar dan berenergi, minuman ini cocok dikonsumsi saat buka puasa.

3 dari 4 halaman

7. Karkadeh

Karkadeh adalah minuman manis yang terbuat dari bunga hibiscus (kembang sepatu) dan dikenal karena rasanya yang kuat.

Minuman ini dapat dinikmati baik dalam versi panas atau dingin dan merupakan minuman yang populer dikonsumsi saat Ramadan. Karkadeh juga biasa disajikan di pesta pernikahan dan acara-acara lainnya.

Meski kebanyakan orang lebih memilih minum karkadeh dingin untuk menemani hidangan buka puasa, karkadeh panas juga enak dinikmati sebab bisa menghangatkan tubuh.

8. Air Kelapa

Tidak hanya segar dan nikmat, air kelapa adalah pilihan yang sangat baik bagi orang-orang yang mengalami dehidrasi setelah berpuasa sepanjang hari. Ini karena air kelapa bersifat alami dan bebas dari pemanis atau pengawet buatan.

Selain itu, air kelapa kaya akan elektrolit, vitamin, dan mineral. Oleh karena itu, air kelapa menjadi minuman segar yang bagus untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang tanpa meningkatkan kadar gula atau insulin.

4 dari 4 halaman

9. Es Kopyor

Es Kopyor adalah minuman buka puasa menyegarkan yang sering dikonsumsi di Indonesia dan Filipina. Es kopyor dibuat dengan menggunakan jenis kelapa khusus yang dikenal sebagai kelapa kopyor.

Kelapa kopyor merupakan jenis kelapa yang terjadi karena kesalahan genetik. Kelapa ini memiliki daging yang lebih empuk dan air kelapa yang lebih sedikit. Rasanya yang enak dan segar membuat es kopyor cocok dinikmati saat berbuka.

10. Erk Sous

Erk sous adalah minuman dingin populer yang sering dinikmati orang Arab sepanjang tahun, tetapi akan menjadi populer selama Ramadan di negara-negara seperti Mesir dan Levant.

Minuman ini terbuat dari akar licorice, memberikan rasa yang sedikit manis dan pahit, dan biasanya disajikan dalam wadah tembaga dan kaca untuk menjaganya tetap dingin.

11. Sahlab

Sahlab adalah minuman tradisional Lebanon dengan tekstur kental yang sering dimakan layaknya puding. Sahlab dibuat dengan susu panas, kacang-kacangan kaya nutrisi, dan kayu manis. Minuman dingin ini di Suriah, Yordania, dan Palestina selama bulan suci Ramadan.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini