Sukses

Niat Puasa Ayyamul Bidh Sya'ban 6, 7 dan 8 Maret 2023, Yuk Raih Keutamaannya

Pada bulan ini umat Islam dapat melaksanakan puasa Ayyamul Bidh Sya’ban yang bertepatan dengan 6, 7, dan 8 Maret 2023. Seseorang yang melaksanakan puasa Ayyamul Bidh akan mendapatkan keutamaannya.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu puasa sunah rutin selain Senin-Kamis dan Dawud adalah puasa Ayyamul Bidh. Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunah yang dikerjakan setiap tanggal 13, 14, dan 15 pada bulan Hijriah.

Puasa Ayyamul Bidh dilaksanakan merujuk pada riwayat dari Qatadah bin Milhan. Dari Qatadah Qatadah bin Milhan ra, ia berkata:

Rasulullah saw telah memerintahkan untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15.” (HR Abu Dawud). 

Pada bulan ini umat Islam dapat melaksanakan puasa Ayyamul Bidh Sya’ban yang bertepatan dengan 6, 7, dan 8 Maret 2023. Seseorang yang melaksanakan puasa Ayyamul Bidh akan mendapatkan keutamaannya.

Keutamaan puasa Ayyamul Bidh yakni seperti ibadah puasa sepanjang tahun. Keutamaan ini. Keutamaan ini berdasarkan hadis riwayat Bukhari.

Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun,” demikian sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ’As. 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lafal Niat

Tata cara puasa Ayyamul Bidh tidak berbeda jauh dari puasa-puasa sunah lainnya, yakni mengawalinya dengan niat. Berikut adalah lafal niat puasa Ayyamul Bidh.

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى  

Arab-latin: Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.   

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

Puasa ayyamul bidh yang sunah niatnya bisa dilakukan bukan sebelum Imsak. Niat puasa bisa dilakukan pada pagi atau siang hari, sebelum matahari tergelincir.

Ini berbeda dari puasa wajib, misalnya Ramadhan, yang niatnya harus dilakukan sebelum fajar atau Imsak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.