Sukses

Keutamaan Nisfu Sya'ban Beserta Amalan-Amalan yang Utama

Nisfu Sya'ban merupakan salah satu malam yang utama. Pada malam ini, umat Islam disunahkan melakukan amalan-amalan yang disukai Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu malam istimewa yang terdapat di bulan Sya'ban adalah malam Nisfu Sya'ban. Malam ini jatuh pada pertengahan bulan Sya'ban atau malam tanggal 15 Sya'ban.Nisfu Sya’ban merupakan salah satu dari lima malam yang utama. Adapun malam istimewa lainnya adalah malam Qadar (Lailatul Qadar), Idul Fitri, Idul Adha, malam Jumat, dan malam awal bulan Rajab.

Malam Nisfu Sya’ban adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Malam tersebut dipercaya penuh rahmat dan kebaikan Allah. Malam tersebut juga istimewa, sebab menjadi malam pengampunan.

Pada malam Nisfu Sya’ban, Allah akan mengampuni seluruh makhluk-Nya, kecuali mereka yang menyekutukan Allah dan yang bermusuhan. Karena itu, umat Islam dianjurkan untuk berdoa memohon ampunan kepada Allah di malam Nisfu Sya’ban.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

Malam Nisfu Sya’ban bertepatan di pertengahan bulan Sya’ban. Di malam tersebut umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah. Menurut pendakwah Yahya Zainul Ma’arif atau akrab disapa Buya Yahya, malam Nisfu Sya’ban merupakan malam yang spesial bagi umat Islam.

Rasulullah SAW mengisyaratkan kelebihan dari malam tersebut. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Sayyidina Muadz bin Jabal dijelaskan bahwa Rasulullah SAW berkata, sesungguhnya Allah SWT melihat setiap saat, nabi melihat setiap saat Allah melihat hamba-Nya di malam Nisfu Sya’ban.

Pada malam nisfu Sya’ban Allah akan memberi pengampunan kepada semua makhluk-Nya. Kecuali bagi orang yang menyekutukan Allah (musyrik) dan punya rasa benci kepada saudaranya.

“Maka mari di malam Nisfu Sya'ban nanti kita meningkatkan istighfar kita. Ibadah yang sangat luar biasa itu istighfar. Memohon ampunan kepada Allah. Kita beristighfar sebanyak-banyaknya. Berdamai dengan Allah SWT. Kemudian juga berdamai dengan saudara sanak kerabat,” terang Buya Yahya dikutip dari YouTube Al Bahjah TV.

3 dari 4 halaman

Tiga Amalan Saat Malam Nisfu Sya'ban

Dikutip dari NU Online, setidaknya terdapat tiga amalan yang dapat dilakukan pada malam nisfu Sya’ban. Tiga amalan ini disarikan dari kitab Madza fi Sya’ban karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki.

 

Pertama, Memperbanyak Doa

Anjuran ini didasarkan pada hadits riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

 

 ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

 

Artinya: (Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan). (HR Al-Baihaqi).

4 dari 4 halaman

Amalan Lainnya

Kedua, Memperbanyak Membaca Dua Kalimat Syahadat

Dua kalimat syahadat termasuk kalimat mulia. Dua kalimat ini sangat baik dibaca kapan pun dan di mana pun terlebih lagi pada malam nisfu Sya’ban.

Sayyid Muhammad bin Alawi mengatakan:

 

 وينبغي للمسلم أن يغتنم الأوقات المباركة والأزمنة الفاضلة، وخصوصا شهر شعبان وليلة النصف منه، بالاستكثار فيها من الاشتغال بكلمة الشهادة "لا إله إلا الله محمد رسول الله".

 

Artinya: Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La ilaha illallah Muhammad rasululullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya.

 

Ketiga, memperbanyak istighfar.

Tidak ada satu pun manusia yang bersih dari dosa dan salah. Itulah manusia. Kesehariannya bergelimang dosa. Namun kendati manusia berdosa, Allah SWT senantiasa membuka pintu ampunan kepada siapa pun. Karenaya, meminta ampunan (istighfar) sangat dianjurkan terlebih lagi di malam nisfu Sya’ban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini