Sukses

La Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin Artinya Memohon Pertolongan

Lafal la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin adalah dzikir atau doa Dzun Nuun.

Liputan6.com, Jakarta - La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin adalah lafal dzikir sekaligus doa yang dibaca oleh Nabi Yunus ketika ditimpa kesulitan dalam hidup. Ketika mengamalkannya dengan sungguh-sungguh, dikisahkan bahwa Allah benar-benar mengangkat kesulitan itu dan memberikan ampunan kepada Nabi Yunus. La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin artinya memohon pertolongan.

Dalam buku berjudul Dahsyatnya Doa Para Nabi oleh Syamsuddin Noor, S.Ag, lafal la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin adalah dzikir yang disebut pula doa Dzun Nuun. La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin artinya memohon pertolongan yang dibaca Nabi Yunus ketika di-qodar untuk hidup selama beberapa hari di dalam perut ikan paus setelah dilempar ke laut.

Manfaat la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin adalah doa sekaligus dzikir yang membuat seseorang bisa lebih mudah menghadapi masalah hidupnya. Baik itu untuk diangkat segala kesulitan dalam hidupnya atau dikuatkan dalam menghadapi kesulitan hidupnya. Allah pun menjamin itu bagi siapa saja yang memohonkannya dengan sungguh-sungguh. Lalu, bagaimana cara mengamalkan la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin dalam kehidupan sehari-hari?

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin artinya memohon pertolongan, Selasa (17/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

La Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin Artinya Memohon Pertolongan

La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin adalah lafal dzikir sekaligus doa yang dibaca oleh Nabi Yunus. Ia seorang nabi dari agama Samawi yang dikenal membaca dzikir la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin berturut-turut untuk memohon pertolongan dari Allah SWT (tuhannya) agar diangkat masalah hidupnya.

Doa Nabi Yunus Arab:

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Doa Nabi Yunus Latin:

Lailaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin

Artinya Doa Nabi Yunus:

"Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung mengisahkan, ketika hidup di dunia, Nabi Yunus diberi tugas oleh Allah berdakwah kepada orang Assyiria di Ninawa-Iraq. Suatu kaum yang keras kepala, penyembah berhala, dan suka melakukan kejahatan. Meski sudah berulang kali Yunus memperingatkan mereka, tetapi mereka tidak mau berubah. Orang-orang ini bukan dari kaum Nabi Yunus sehingga membuatnya tidak mau bersabar berdakwah untuk mereka.

Nama Nabi Yunus disebutkan sebanyak 6 kali di dalam Al-Qur'an. Kisah yang digambarkan itu, membuat kehidupan Nabi Yunus menjadi penuh dengan keputusasaan dan merasa sangat berdosa. Ia melakukan pengembaraan dan suatu ketika memutuskan menunggangi kapal, tetapi justru Nabi Yunus yang mendapat undian harus disingkirkan dari kapal dan dilempar ke laut lepas.

Kisah yang sama diceritakan dalam buku berjudul Rahasia Agar Doa Mustajab (2010) oleh Ustaz Cinta, pada masa itu setelah bertahun-tahun berdakwah, Nabi Yunus merasa putus asa karena kaumnya selalu menentang dan tidak mau beriman. Ia pun berdoa kepada Allah agar menurunkan azab pada kaumnya.

Kemudian, Nabi Yunus memberitahukan kepada kaumnya bahwa azab Allah akan datang tiga hari lagi. Nabi Yunus pun pergi berlayar meninggalkan kaumnya untuk mencari kaum lain yang mau mendengar seruannya. Di tengah perjalanan, kapal yang ditumpangi Nabi Yunus terkena badai dan hampir tenggelam. Nahkoda memberitahukan bahwa harus ada yang dilempar ke laut untuk mengurangi beban kapal.

Penumpang di kapal melakukan undian dan nama Nabi Yunus keluar sebanyak 3 kali. Nabi Yunus akhirnya menceburkan diri ke laut, lalu Allah SWT memerintahkan ikan paus untuk menelannya.

Dalam buku berjudul Dahsyatnya Doa Para Nabi oleh Syamsuddin Noor, S.Ag, lafal la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin adalah dzikir yang disebut pula doa Dzun Nuun. La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin artinya memohon pertolongan yang dibaca Nabi Yunus ketika di-qodar untuk hidup selama beberapa hari di dalam perut ikan paus setelah dilempar ke laut.

La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin artinya doa pengakuan bahwa diri sebagai orang yang zalim dan memohon diangkat kesulitan hidupnya. Dikisahkan pula bahwa selama 40 hari berada di dalam perut ikan paus, Nabi Yunus dengan kesungguhan terus-menerus berdzikir la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin dan memohon ampun kepada Allah SWT. Sampai pada akhirnya, Allah menerima taubatnya dan memerintahkan ikan paus untuk memuntahkannya ke daratan.

 

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Membaca La Ilaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadzolimin

La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin artinya doa memohon pertolongan kepada Allah agar diangkat masalah hidupnya. Ada pula pendapat yang menyebutkan dzikir la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin bisa membuat hajat seseorang mudah didapatkan. Apa sebenarnya manfaat la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin?

Dalam buku berjudul Zikir Nabi Yunus a.s oleh Ade Sudaryat, menjelaskan barangsiapa yang mengalami kesulitan hidup, kemudian membaca doa Nabi Yunus (la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin) dengan penuh keikhlasan, sabar, dan penuh keyakinan akan dikabulkan doanya, maka Allah akan menghilangkan kesulitan hidup yang tengah menimpanya.

“Maka Aku perkenankan doanya dan kami selamatkan ia dari kedudukaan. Dan demikianlah kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (QS. al-Anbiya ayat 88)

Dalam buku berjudul From Hijrah Till Jannah: Istiqamah Hingga ke Surga-Nya oleh Yovie Kyu, Q-Writing Consulting. Ditegaskan, sesungguhnya tidak ada seorang Muslim pun yang berdoa dengan doa Nabi Yunus dalam suatu masalah yang dihadapinya, melainkan Allah yang akan mengabulkan doanya.

Manfaat la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin adalah doa sekaligus dzikir yang membuat seseorang bisa lebih mudah menghadapi masalah hidupnya. Baik itu untuk diangkat segala kesulitan dalam hidupnya atau dikuatkan dalam menghadapi kesulitan hidupnya. Allah pun menjamin itu bagi siapa saja yang memohonkannya dengan sungguh-sungguh.

“Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, "Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim." Maka Kami kabulkan (doa)nya dan Kami selamatkan dia dari kedukaan. Dan demikianlah Kami menyelamatkan orang-orang yang beriman.” (QS. al-Anbiya ayat 87-88)

Cara mengamalkan la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin adalah dalam sebuah riwayat al-Hakim dari Sa’ad bin Abi Waqash dalam kitab ad-Durr al-Mantsur, disebutkan Rasulullah  membaca 40 kali doa Nabi Yunus ketika sakit, lalu ketika meninggal dia akan mendapatkan pahala orang yang meninggal syahid. 

Dzikir la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin dibaca berapa kali?

Dalam kitab Abwab al-Faraj oleh Syekh Sayyid Muhammad bin al-Alawy al-Maliky al-Hasani, para ulama dan wali da yang membacanya 40 kali setelah sholat Subuh tanpa terputus sama sekali. Ada pula yang membaca setiap hari 1000 kali untuk tujuan akhirat dan duniawi tertentu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.