Sukses

Foto-Foto Penampakan Mukaab yang Disebut Ka'bah Baru dan Dikaitkan dengan Tanda Kiamat

Arab Saudi akan membangun proyek raksasa The New Murabba. Proyek ini digadang-gadang bakal menjadi pusat kota modern terbesar di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Arab Saudi akan membangun proyek raksasa The New Murabba. Proyek ini digadang-gadang bakal menjadi pusat kota modern terbesar di dunia. Putra Mahkota Mohammed bin Salman selaku Perdana Menteri meluncurkan proyek megah tersebut pada Kamis (16/2/2023) lalu.

Namun, proyek terbaru Arab Saudi dengan anggaran miliaran dolar Amerika itu menjadi perbincangan di jagat maya. Pasalnya, di tengah The New Murabba akan didirikan bangunan “The Mukaab” dengan lebar 400 meter, panjang 400 meter, dan tinggi 400 meter.

Bangunan yang berbentuk kubus tersebut disebut-sebut menyerupai Ka’bah. Sebagai bentuk sindiran proyek megah kerajaan di Riyadh, tidak sedikit yang menyebut Mukaab dengan nama ‘Ka’bah baru’ 

Bagi umat Islam, Ka’bah merupakan situs suci. Ka’bah yang berada di tengah-tengah Masjidil Haram, Makkah menjadi lokasi kiblat umat Islam dunia. Karena itu, wajar saja jika megaproyek The New Murabba menuai pro dan kontra. 

Selain disebut Ka’bah Baru, pembangunan Mukaab juga dikaitkan dengan tanda kiamat. Seorang warganet mengaitkan Mukaab dengan tanda kiamat di Twitter.

"Nabi Muhammad (SAW) mengatakan salah satu tanda kiamat adalah bahwa Anda akan melihat 'para gembala bersaing dalam membangun gedung-gedung tinggi," cuit @2015Jmr.

Adapun redaksi hadis tersebut adalah sebagai berikut. 

"Lelaki itu berkata lagi, "Beritahukan kepadaku kapan terjadinya Kiamat." Nabi SAW menjawab, "Yang ditanya tidaklah lebih tahu daripada yang bertanya." Dia pun bertanya lagi, "Beritahukan kepadaku tentang tanda-tandanya!" Nabi menjawab, "Jika budak wanita telah melahirkan tuannya, jika engkau melihat orang yang bertelanjang kaki, tanpa memakai baju (miskin papa) serta penggembala kambing telah saling berlomba dalam mendirikan bangunan megah yang menjulang tinggi." (HR Muslim)

Hadis tersebut diriwayatkan dari jalur Abu Huraira ketika Nabi Muhammad SAW berkata kepada Jibril AS saat ditanya ihwal kapan terjadinya hari kiamat. Nabi pun menjawab dengan memaparkan ciri-cirinya sebagaimana hadis di atas.

Kembali pada Mukaab, berikut adalah foto-foto proyek raksasa kerajaan Arab Saudi di Riyadh yang disebut Ka’bah Baru dan dikaitkan dengan tanda kiamat.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Inilah rancangan proyek megah The New Murabba yang di tengah-tengahnya akan didirikan bangunan kubus dengan nama The Mukaab atau ‘Ka’bah Baru’.

3 dari 6 halaman

2. Proyek ini akan menampilkan museum, universitas teknologi dan desain, teater imersif, dan tempat hiburan.

4 dari 6 halaman

3. Murabba Baru menjadi proyek yang memakan anggaran miliaran dolar Amerika.

5 dari 6 halaman

4. Proyek kerajaan Arab Saudi di Riyadh tersebut menuai pro kontra lantaran terdapat bangunan yang seperti Ka’bah.

6 dari 6 halaman

5. Tidak sedikit yang mengaitkan proyek yang diluncurkan Putra Mahkota Mohammed bin Salman dengan tanda kiamat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.