Sukses

Kumpulan Doa Sehari-hari yang Mudah Dihafal Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Liputan6.com, Semarang - Doa adalah senjata seorang mukmin. Itulah yang disabdakan oleh Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Ya’la.

Dalam hadis lain, misalnya HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi disebutkan Rasulullah SAW bersabda bahwa doa itu adalah otaknya ibadah.

Berdoa tidak hanya di saat sedih atau dalam keadaan terpuruk saja. Islam mengajarkan pemeluknya untuk berdoa meskipun dalam kondisi senang atau bahagia. Hal ini sejalan dengan sabda Rasulullah SAW.

Berdoalah kepada Tuhanmu di saat kamu senang (bahagia). Sesungguhnya Allah berkata, 'Barangsiapa berdoa (memohon) kepada-Ku di waktu dia senang (bahagia), maka Aku akan mengabulkan doanya di waktu dia dalam kesulitan'." (HR Ar-Rabi')

Anjuran untuk tetap doa juga ditegaskan dalam QS Al-Mu’min ayat 60. Dalam ayat tersebut, Allah akan mengabulkan kepada hamba yang berdoa kepada-Nya.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ 

Arab-latin: Wa qāla rabbukumud'ụnī astajib lakum, innallażīna yastakbirụna 'an 'ibādatī sayadkhulụna jahannama dākhirīn.

Artinya: "Dan Tuhanmu berfirman, 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina'."

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Kumpulan Doa Sehari-hari

Dalam Islam, ada banyak doa yang dapat kita amalkan. Dari banyak doa itu paling tidak mengamalkan doa yang sering kita lakukan sehari-hari.

Doa sehari-hari juga dapat kita ajarkan kepada anak sejak dini sebagai ikhtiar mencetak anak saleh dan salehah.

Mengutip berbagai sumber, berikut adalah doa-doa harian populer yang mudah dihafal dan diamalkan.

Doa Sebelum Tidur

بِاسْمِكَ اللهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوْتُ 

Arab-latin: Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang menghidupkan dan mematikan.”

Doa Bangun Tidur

الحَمْدُ لِلهِ الًّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ 

Arab-latin: Alhamdulillâhil ladzî ahyânâ ba‘da mâ amâtanâ wa ilaihin nusyûr.

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Tuhan yang menghidupkan kami setelah Ia mematikan kami. Kepada-Nya lah kebangkitan hari Kiamat.”

3 dari 5 halaman

Doa Lainnya

Doa Masuk Kamar Mandi

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Arab-latin: Allahumma innii a'uudzubika minal khubutsi wal khabaaitsi.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari syaitan besar laki-laki dan perempuan."

Doa Keluar Kamar Mandi

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Arab-latin: Ghufraanaka alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii.

Artinya: "Dengan mengharap ampunanMu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan."

Doa Sebelum Makan

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَناَ فِيْمَا رَزَقْتَنا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Arab-latin: Allâhumma bârik lanâ fî mâ razaqtanâ wa qinâ adzâban nâr.

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami pada apa yang telah Engkau karuniakan dan lindungilah kami dari siksa neraka.”

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ المُسْلِمِيْنَ

Arab-latin: Alhamdulillâhilladzî ath‘amanâ wa saqânâ wa ja‘alanâ minal muslimîn.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan telah memberi kami minum, dan menjadikan kami termasuk orang yang patuh."

4 dari 5 halaman

Doa Lainnya

Doa Masuk Rumah

اللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ المَوْلِجِ وَ خَيْرَ المَخْرَجِ, بِاسْمِ اللّٰهِ وَ لَجْنَا، بِاسْمِ اللّٰهِ خَرَجْنَا، وَ عَلَى اللّٰهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Arab-latin: Allaahumma innii as-aluka khayral mawliji wa khayral makhraji. Bismillahi walajnaa wa bismillaahi kharajnaa wa 'alallahi tawakkalnaa.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar, dengan menyebut nama-Mu kami masuk, dengan menyebut nama-Mu kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakkal.”

Doa Keluar Rumah

بِاسْمِ اللّٰهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللّٰهِ وَ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللّٰهِ

Arab-latin: Bismillahi tawakkaltu 'alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah.

Artinya: “Dengan menyebut nama Alllah, aku bertawakkal kepada-Nya dan tidak daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Doa untuk Kedua Orangtua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Arab-latin: “Allahummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa."

Artinya: "Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (ibu dan bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.”

5 dari 5 halaman

Doa Lainnya

Doa Sebelum Belajar

رَضِيْتُ بِااللهِ رَبًّا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلاً رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـا وَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Arab-latin: Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi’a warzuqni fahma. Waj'alnii minash-shoolihiin.

Artinya: “Aku rida Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang saleh.”

Doa Sesudah Belajar

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ إلَيْهِ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Arab-latin: Allahumma inni astaudi’uka maa’allamtaniihi fadudhu ilyya inda haajatii ilaihi wa’laa tunsiniihi ya robbal alamiin.

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya, wahai Tuhan pemelihara alam.”

Wallahu’alam.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS