Sukses

Sakit, 103 Jemaah Haji Indonesia Dipulangkan Lebih Cepat

Jemaah haji yang ditanazulkan pada gelombang pertama dipulangkan melalui Bandara King Abdulaziz, Jeddah.

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari seratus jemaah haji gelombang pertama dipulangkan lebih cepat ke Tanah Air melalui proses tanazul.

Koordinator Tim Mobile Kesehatan Daker Bandara, Rachmawanti Agustina, mengatakan, jemaah yang ditanazulkan pada gelombang pertama dipulangkan melalui Bandara King Abdulaziz, Jeddah.

Tanazul merupakan proses percepatan atau penundaan pemulangan jemaah individual. Adapun 103 jemaah haji itu dipulangkan lebih cepat karena menderita berbagai penyakit.

Para jemaah haji Indonesia yang ditanazulkan diberangkatkan sepanjang masa pemulangan gelombang pertama, pada 27 Agustus hingga 9 September 2018.

"Kebanyakan yang ditanazulkan memang sudah berisiko tinggi dari Tanah Air dan berusia tua," kata Rachmawanti di Madinah, Sabtu malam 8 September 2018.

Menurut Rachmawati, tiga jemaah sempat mengalami penundaan saat dipulangkan lebih cepat. Meski begitu ada tiga permohonan tanazul baru yang akan berangkat seturut pemulangan kloter terakhir pada Minggu dini hari, 9 September 2018, waktu Arab Saudi.

Masih kata Rachmawati, jemaah haji yang ditanazulkan ada yang mengidap demensia, penyakit paru kronis serta stroke.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ambil Kursi Kosong

Jemaah yang ditanazulkan biasanya mengambil kursi kosong dari kloter tertentu yang tidak ditempati, karena jemaah hajinya wafat atau masih dirawat di Saudi.

Sepanjang pemulangan gelombang pertama, kebanyakan jemaah tanazul bisa duduk dan hanya mengambil masing-masing kursi kosong kloter pemulangan.

"Hanya dua jemaah yang harus dibaringkan," kata Rachmawanti.

Sebelum pemulangan, kata dia, jemaah yang ditanazulkan diserahkan ke Tenaga Kesehatan Haji Daerah yang mendampingi masing-masing kloter. Para jemaah tersebut kemudian dijemput keluarga di debarkasi untuk menjalani kontrol kesehatan lanjutan di Tanah Air.

Sejauh ini, dua jamaah masih dirawat di RS King Abdullah, Jeddah. Mereka akan diawasi perawatannya petugas PPIH Arab Saudi untuk nantinya diputuskan penanganan selanjutnya. Ratusan jemaah lain masih dirawat di Klinik Kesehatan Haji Mekah serta RS Arab Saudi.

Reporter: Maulana Kautsar

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini