Sukses

Sopir Bajaj hingga Petugas Kebersihan Ikut Mudik Gratis PGN

PGN memang memberikan apresiasi lebih kepada para sopir bajaj gas yang tergabung dalam Kobagas (Komunitas Bajaj Gas) setiap tahunnya.

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) memberangkatkan 3.249 orang untuk mudik gratis ke kampung halamannya, pada Kamis (30/6/2016) ini.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum PGN Hendi Kusnadi mengatakan, peserta mudik bareng PGN ini terdiri dari para sopir Bajaj Gas yang tergabung dalam komunitas Kobagas beserta keluarga, pekerja di lingkungan PGN mulai dari office boy, cleaning service, sopir, petugas keamanan, hingga wartawan.

"Antusiasme masyarakat untuk pergi ke kampung halaman bersama PGN dari tahun ke tahun sangat tinggi," kata Kusnadi, di Jakarta, Kamis (30/6/2016).

Hendi mengungkapkan, PGN memang memberikan apresiasi lebih kepada para sopir bajaj gas yang tergabung dalam Kobagas (Komunitas Bajaj Gas) setiap tahunnya. Itu karena selama ini para sopir bajaj gas ini turut mendukung program pemerintah dalam mengonversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG).

"Selain membantu pemerintah, penggunaan BBG bersih dan efisien. Bahkan sopir bajaj gas ini bisa hemat hingga Rp 80.000 per hari dengan menggunakan BBG," ungkap Hendi.

Pemudik gratis bersama PGN ini juga diasuransikan. Selain itu, sebelum keberangkatan para sopir yang mengemudikan armada bus mudik juga menjalani tes kesehatan, untuk menjamin kondisi para sopir layak kala mengemudi bus hingga tempat tujuan.

PGN menyiapkan 76 bus untuk memberangkatkan para peserta mudik ke 10 jurusan. Berikut jalur mudik PGN tahun ini:

1. Pantura I – Jabar (Indramayu-Cirebon-Kuningan)
2. Pantura II A – Jateng (Cirebon-Tegal-Slawi-Margasari)
3. Pantura II B – Jateng (Cirebon-Tegal-Demak-Kudus)
4. Pantura III – Jateng - Jatim (Cirebon-Tegal-Semarang-Ungaran-Salatiga-Solo-Madiun)
5. Pantura IVA – Jateng (Cirebon-Tegal-Semarang-Salatiga-Boyolali-Solo)
6. Pantura IVB – Jateng (Cirebon-Tegal-Semarang-Ambarawa-Secang-Magelang-Yogyakarta)
7. Pantura V - Jawa Timur (Cirebon-Tegal-Semarang-Tuban-Lamongan-Surabaya)
8. Jalur Tengah Jateng – DIY (Cirebon-Bumiayu-Ajibarang-Wangon-Kebumen-Purworejo-Yogyakarta)
9. Jalur Selatan Jateng - DIY (Nagrek-Tasik-Ciamis-Majenang-Kebumen-Purworejo-Yogyakarta)
10. Jalur Tengah – Jateng (Banjar-KarangPucung-Cilacap)

"Kami berharap program mudik gratis PGN ini dapat menjadi salah satu solusi bagi kebutuhan transportasi masyarakat untuk berlebaran bersama keluarga di kampung halaman. Semoga para pemudik dapat sampai di tempat tujuan dengan selamat dan aman," tutup Hendi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.