Sukses

Jokowi Minta Simpatisan Majalengka Kampanye 20 Rumah Sehari

Jokowi menegaskan kepada para simpatisannya di Majalengka agar lebih fokus soal pendidikan dalam berkampanye.

Liputan6.com, Jakarta - Capres Joko Widodo atau karib disapa Jokowi melanjutkan kampanyenya di Jawa Barat dengan berorasi di Lapangan GGM, Majalengka. Di hadapan ribuan masyarakat Majalengka itu, Jokowi meminta para relawannya terus mengampanyekan pasangan Jokowi-JK, dalam tiga pekan jelang Pilpres 9 Juli mendatang.

"Yang bisa kita lakukan dalam tiga minggu ini adalah sosialisasi ke lingkungan kita. Mengenalkan pasangan Jokowi-JK itu seperti apa?" ujar pria yang akrab disapa Jokowi itu mengawali orasinya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/6/2014).

"Sampaikan pada lingkungan tentang Jokowi-JK. Sehari paling tidak 10-20 rumah," sambung Jokowi.

Menurut Jokowi, cara tersebut paling efektif untuk memenangkan Pilpres pada 9 Juli mendatang. "Pada akhirnya nanti kita buktikan yang menang koalisi elite atau koalisi rakyat. Kita buktikan kalau koalisi rakyat yang kita bangun yang akan menang," ujarnya optimistis.

Pendidikan Akhlak

Selain itu, Jokowi juga memberikan pengarahan kepada relawannya, agar lebih menekankan pembangunan manusia lewat pendidikan dalam berkampanye. Ia meminta lebih fokus terhadap peningkatan kualitas pendidikan masyarakat.

"Ada isu saya menghapus sertifikasi guru, jelas bohong. Kalau ditambahkan, ya. Guru itu kan memintarkan anak-anak kita. Yang namanya pembangunan manusia itu yang utama," tegas Jokowi.

Menurut Jokowi, pendidikan adalah hal utama. Maka itu ke depan pendidikan di tingkat SD akan diutamakan mengenai budi pekerti dan akhlak. "Karena golnya akhlakul kharimah (akhlak terpuji). Hanya pendidikan yang membuat manusia bisa bersaing dengan bangsa lain," pungkas Jokowi.

Pada kesempatan berbeda, juru bicara Jokowi-JK, Anies Baswedan mengatakan pendidikan adalah kunci utama pembangunan manusia. Bahkan, dalam pembukaan UUD 1945 sudah dijanjikan bahwa salah satu janji Republik ini adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Maka janji itu perlu kita lunasi dengan peningkatan kualitas pendidikan. Di sini guru adalah kunci utama kualitas pendidikan," ujar Anies.

Anies mengaku optimistis, pasangan Jokowi-JK akan memenangkan Pilpres 2014. "Fenomena relawan yang digalang Jokowi-JK adalah fenomena menarik. Kampanyenya begitu organik, digerakkan oleh relawan-relawan yang bergerak secara organik," ujar Anies.

Usai berkampanye di Majalengka, Jokowi dan timnya rencananya akan melanjutkan kampanyenya ke Kota Udang, Cirebon. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini