Sukses

Hatta Rajasa Mundur dari Kabinet Fokus Jadi Cawapres Prabowo

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa akan menemui SBY untuk menyerahkan surat pengunduran dirinya dari kabinet.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa akan menemui SBY untuk menyerahkan surat pengunduran dirinya dari kabinet. Hatta akan fokus menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto.

"Ada permintaan Amien Rais (untuk fokus). Juga mengharapkan ada keputusan partai secara institusi (Hatta jadi cawapres Prabowo)," kata Sekjen DPP PAN Taufik Kurniawan kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa (13/5/2014).

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Suhardi mengungkap telah adanya kesepakatan antara partainya dan PAN untuk menyandingkan Prabowo Subianto dengan Hatta Rajasa sebagai capres-cawapres. PAN pun akan mengukuhkan kesepakatan itu dalam Rakernas yang akan digelar pada Rabu 13 Mei besok.

Dia mengatakan, Rakernas akan memfinalisasikan kesepakatan koalisi antara partainya dengan Partai Gerindra. "Memang dalam kaitan memfinalisasi koalisi PAN dan persiapan pilpres," ujar Taufik.

Dalam Rakernas itu, sambungnya, berbagai macam informasi berkaitan komunikasi politik juga akan dibahas. Selain itu, apa yang akan dilakukan partai terkait penentuan koalisi serta persiapan Pilpres juga menjadi agenda Rakernas.

"Walaupun memang ada berbagai pertimbangan, secara informal PAN ada kedekatan khusus dengan Gerindra," ungkap Taufik.

Sebelumnya, Juru Bicara Kepresidenan Julian Pasha membenarkan kabar pengunduran diri Hatta Rajasa sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. "Ya (mengundurkan diri), tapi tunggu pernyataan dari Pak Hatta saja ya," kata dia dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com.

Julian mengaku, Hatta Rajasa bakal bertemu langsung dengan Presiden sore ini terkait pengunduran dirinya. "Bertemunya pukul 17.00 WIB," ucap Julian singkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.