Sukses

Viral Ikan Jatuh dari Langit di Tengah Hujan Lebat, Ini Penyebabnya

Sebuah video viral memperlihatkan ikan jatuh dari langit di wilayah Yasuj, Iran.

Liputan6.com, Jakarta Fenomena alam yang terjadi di muka bumi seringkali membuat takjub orang yang melihatnya. Mereka juga bertanya-tanya bagaimana fenomena tersebut dapat terjadi. Seperti yang terjadi di wilayah Yasuj, Iran, pada Senin, 6 Mei 2024 lalu.

Melansir India Times, beredar sebuah video secara online tentang fenomena ikan jatuh dari langit. Dalam video tersebut, tampak ikan bisa berjatuhan dari langit di Iran. Video tersebut muncul setelah hujan lebat yang terjadi di wilayah Yasuj pada hari Senin pekan lalu.

Adanya kejadian tidak biasa tersebut, banyak orang bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Banyak orang yang tidak yakin mengapa atau bagaimana hal seperti itu bisa terjadi.

Namun, ada pula yang berpikir kalau fenomena tersebut terjadi karena semburan air yang menghisap ikan dari laut dan menjatuhkannya ke darat. Dan inilah yang sebenarnya terjadi, simak ulasan ceritanya berikut yang telah dilansir Liputan6.com dari India Times, Senin (13/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Video fenomena ikan jatuh dibagikan secara online dan viral

Pengguna X atau Twitter, Mario Naufal, telah membagikan video tersebut dengan judul, "Fenomena yang tidak biasa ini diyakini disebabkan oleh angin puting beliung yang membawa ikan dari laut dan melemparkannya ke langit, di mana ikan tersebut kemudian turun bersamaan dengan hujan."

Namun, tweet itu kemudian dihapus oleh yang membagikan video ikan jatuh tersebut. Meski begitu, video ikan jatuh itu sudah menyebar dengan cepat di halaman lain secara online dan menjadi perbincangan.

3 dari 3 halaman

Dugaan adanya puting beliung

Dalam video viral tersebut, memperlihatkan mobil-mobil yang melaju di jalanan ramai di tengah hujan deras. Lalu, banyak ikan berjatuhan dari langit. Pria yang merekam video tersebut tidak percaya dia bisa menangkap fenomena langka tersebut dengan kameranya.

Itu adalah pemandangan dari Sharknado. Sementara itu, dugaan apa pun tentang puting beliung sebagai penyebab terjadinya fenomena itu pun tak dapat dibantah atau dibenarkan sepenuhnya.

Suhu yang lebih panas di bumi juga membuat lautan semakin panas. Dan menurut beberapa ahli, semakin panas udara, semakin banyak air yang diserapnya. Karena itu, fenomena ikan jatuh dari langit tersebut dapat terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.