Sukses

5 Pernyataan Zara Anak Ridwan Kamil Putuskan Lepas Hijab, Minta Tak Salahkan Ortu

Zara anak Ridwan Kamil putuskan lepas hijab, tulis pesan agar tak salahkan kedua orangtuanya.

Liputan6.com, Jakarta Camillia Laetitia Azzahra atau Zara anak Ridwan Kamil, membuat pengakuan yang mengejutkan pada unggahan terbaru di Instagram pribadinya @camilliazr. Perempuan yang kini berkuliah di Inggris itu memutuskan untuk melepas hijab yang selama ini ia kenakan.

Pengumuman itu sontak mengejutkan publik dan langsung dibanjiri ribuan komentar pro dan kontra. Lantaran tidak ingin menimbulkan spekulasi di masa depan, apalagi sang ayah merupakan public figure, Zara terlebih dahulu menjelaskan alasannya melepas hijab.

Keputusan Zara untuk melepas hijab tak lepas dari banyaknya pertimbangan. Sebelum terealisasi, perempuan kelahiran 2004 itu sudah berdiskusi panjang dengan keluarga. Ia mengaku jika itu adalah perjalanan pencarian keyakinannya.

"Jikapun aku berkerudung lagi, itu harus datang dari pencarian keyakinan oleh diriku sendiri, bukan oleh permintaan lingkungan atau orang lain. Ijinkan aku memulai perjalanan pencarian ini dengan caraku sendiri," tulisnya.

Simak beberapa pengakuan Zara yang memutuskan untuk melepas hijabnya, dirangkum Liputan6.com dari Instagram pribadi @camilliazr, Jumat (5/4/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Perjalanan pencarian jati diri

Pernyataan lepas hijab dituangkan Zara ke dalam delapan slide pada satu unggahan. Mengaku ingin mencari jati diri dengan caranya sendiri, perempuan kelahiran Bandung pada 17 Agustus 2004 itu juga mengungkapkan pendapatnya soal muslim yang baik.

Secara personal, Zara mempresentasikan seorang muslim yang baik adalah mereka yang melakukan syariat ajaran agama dari hati. Ia menegaskan lagi bahwa itu bukan soal penampilan, melainkan soal hati yang bersih.

3 dari 6 halaman

2. Cara untuk jujur

Zara mengaku ini adalah caranya untuk jujur, karena ia tidak suka berbohong. Demikian juga dengan Zara yang tidak suka dibohongi. Sebagai anak seorang public figure, Zara tentu banyak mendapat sorotan, bahkan sosoknya mungkin dijadikan role model oleh beberapa orang, termasuk gadis seusianya.

Maka dari itu, Zara mengingatkan kepada followers-nya di media sosial agar tidak berekspektasi terlalu tinggi terhadapnya. Meski begitu, adik mendiang Eril itu mengaku semua didikan orangtua dan kakaknya selalu ia terapkan.

"Aku bukan papaku, aku bukan mamaku, dan aku bukan kakakku. Tapi aku adalah gabungan mereka semua, semua didikan mereka selalu aku terapkan, dan aku adalah AKU," lanjutnya.

4 dari 6 halaman

3. Jangan salahkan orangtua

Melanjutkan pengakuannya yang mantap melepas hijab, Zara kembali menegaskan identitasnya adalah nama dia sendiri, Camillia Laetitia Azzahra, lahir di Bandung dan etnisitas Sunda.

Tahu bahwa ada kemungkinan orangtuanya akan disalahkan, Zara pun sudah memberikan pernyataan untuk tidak menyalahkan kedua orangtuanya. Ia mengungkapkan jika ayah dan ibunya mendidik dirinya untuk menjadi perempuan yang cerdas, berkarakter dan beragama.

Namun, semua adalah pilihannya sendiri. Gadis 19 tahun itu memilih momentum yang tepat untuk menyampaikan keputusannya melepas hijab. Zara mengambil momen di mana orangtua sedang dalam masa 'tenang' di dunia mereka dan juga bertepatan dengan bulan suci Ramadan.

5 dari 6 halaman

4. Menjadi babak baru yang segar

Di balik sebuah keputusan yang dilihat oleh orang banyak, pasti akan menimbulkan pro dan kontra. Maka dari itu, Zara berusaha untuk tetap tenang menghadapinya. Termasuk memberitahukan jika ada brand yang sedang bekerja sama dan merasa dirugikan boleh langsung didiskusikan dengannya.

Sementara itu, untuk orang-orang yang tidak suka dengan keputusannya, Zara meminta agar bisa langsung di-unfollow saja Instagramnya. 

Di akhir slide, Zara berharap Ramadhan tahun ini menjadi babak baru yang segar baginya dan para pengikutnya di media sosial. Ia juga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan dan ucapan terima kasih.

6 dari 6 halaman

5. Reaksi warganet

Membaca pengakuan Zara yang memutuskan akan melepas hijabnya, warganet pun memberikan beragam komentarnya. Tentu saja ada pro dan kontra. Beberapa rekan selebgram memberikan doa terbaik agar ia kembali menemukan Allah dan cinta-Nya lagi dalam perjalanan pencarian imannya.

Menilik Instagram sang ayah, Ridwan Kamil, pada postingan teratas langsung dipenuhi komentar warganet terkait keputusan sang putri menanggalkan hijab yang selama ini melekat didirinya. Namun, belum ada tanggapan dari mantan Gubernur Jawa Barat tersebut.

Sementara itu, Atalia Praratya mengunggah sebuah postingan yang diduga sebagai respons terkait dengan keputusan sang anak untuk melepas hijab. Atalia menyebut kalau bagaimanapun keadaannya ia tetap menyayangi sang anak.

Diketahui, Zara yang kini sedang meneruskan kuliahnya di Newcastle University, Inggris, kerap memperlihatkan kegiatannya selama hidup di sana. Banyak hal-hal berbau seni dan estetik yang dibagikannya dalam feeds Instagram-nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.