Sukses

Pernyataan Lengkap Jokowi Tegaskan Pemilu 2024 Tidak Ditunda, Tetap Dilaksanakan Februari

Pernyataan lengkap Jokowi tegaskan Pemilu 2024 tidak ditunda ini disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Minggu 10 April 2022.

Liputan6.com, Jakarta Pernyataan lengkap Jokowi tegaskan Pemilu 2024 tidak ditunda disampaikan pada Rapat Terbatas (Ratas) yang membahas tentang persiapan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024. Rapat tersebut dilaksanakan di Istana Kepresidenan Bogor.

Para Ratas tersebut, Presiden Jokomi menyampaikan pada jajarannya bahwa Pemilu tetap akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 sesuai keputusan yang telah diambil bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Pernyataan lengkap Jokowi tegaskan Pemilu 2024 tidak ditunda ini disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Minggu 10 April 2022. Kamu tentu perlu mengetahui pernyataan lengkap Presiden Jokowi dalam rapat tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Diskominfo Kaltim dan berbagai sumber lainnya, Senin (29/1/2024) tentang pernyataan lengkap Jokowi tegaskan Pemilu 2024 tidak ditunda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernyataan Lengkap Jokowi Tegaskan Pemilu 2024 Tidak Ditunda

Pernyataan lengkap Jokowi tegaskan Pemilu 2024 tidak ditunda disampaikan pada Rapat Terbatas (Ratas) yang membahas tentang persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024 bersama jajarannya di Istana Kepresidenan Bogor. Rapat ini disiarkan melalui Youtube Channel Sekretariat Presiden, Minggu 10 April 2022.

Pernyataan lengkap Jokowi tegaskan Pemilu 2024 tidak ditunda banyak dicari karena adanya isu upaya penundaan Pemilu di masyarakat.Oleh karena itu, Presiden Jokowi meminta jajarannya menyampaikan kepada publik bahwa jadwal Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024 sudah ditetapkan.

Pernyataan lengkap Jokowi tegaskan Pemilu 2024 tidak ditunda ini ditegaskan pada rapat, di mana Pemilu akan dilaksanakan sesuai keputusan yang telah diambil bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yaitu diselenggarakan pada 14 Februari 2024. Sementara itu, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak November 2024.

3 dari 4 halaman

Pernyataan Lengkap Jokowi Tegaskan Pemilu 2024 Tidak Ditunda

Pernyataan lengkap Jokowi tegaskan Pemilu 2024 tidak ditunda yaitu sebagai berikut:

"Saya kira sudah jelas semuanya sudah tahu bahwa Pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024. Ini perlu dijelaskan, jangan sampai nanti muncul spekulasi-spekulasi yang isunya beredar di masyarakat bahwa pemerintah tengah berupaya untuk melakukan penundaan Pemilu, atau spekulasi mengenai perpanjangan jabatan Presiden dan juga yang berkaitan dengan soal tiga periode. Karena jelas bahwa kita telah sepakat pemilu dilaksanakan tanggal 14 Februari dan Pilkada dilaksanakan nanti di November 2024, sudah jelas semuanya," tegas Jokowi.

Pada rapat tersebut, Jokowi juga menjelaskan tahapan-tahapan Pemilu tahun 2024 sudah akan dimulai pada pertengahan bulan Juni 2022. Hal tersebut sesuai dengan ketentuan Pasal 167 ayat (6) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 (UU Pemilu) yang menyebut bahwa tahapan penyelenggaraan Pemilu dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi juga menyampaikan pada 12 April 2022, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2022-2027 akan dilantik untuk segera mempersiapkan Pemilu dan Pilkada serentak 2024. Oleh sebab itu, pemerintah akan segera membahas berbagai persiapan Pemilu dan Pilkada dengan kedua institusi tersebut, urainya.

"Nanti kita perlu berbicara dengan KPU dan juga Bawaslu mengenai persiapan-persiapan ini agar persiapan Pemilu dan Pilkada yang ini kita belum punya pengalaman serentak itu betul-betul bisa kita persiapkan dengan matang, Serta meminta jajarannya untuk segera menyelesaikan payung hukum regulasi yang dibutuhkan untuk pemilu dan pilkada serentak 2024," lanjutnya.

Presiden meminta Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, untuk berkomunikasi secara intens dengan DPR RI dan KPU sehingga perencanaan programnya bisa didetailkan, imbuhnya.

"Didetail lagi dan sehingga regulasi yang ada yang disusun ini tidak multitafsir dan nanti bisa menimbulkan perselisihan dilapangan," tutupnya seraya mengingatkan kembali. 

Jadi, itulah pernyataan lengkap Jokowi tegaskan Pemilu 2024 tidak ditunda dalam Rapat Terbatas (Ratas) yang membahas tentang persiapan Pemilu dan Pilkada Serentak tahun 2024 bersama jajarannya di Istana Kepresidenan Bogor. Rapat ini disiarkan melalui Youtube Channel Sekretariat Presiden, Minggu (10/04/2022).

4 dari 4 halaman

Jokowi Kembali Tegaskan Komitmen Pemerintah agar Pemilu 2024 Berjalan Baik

Pernyataan lengkap Jokowi tegaskan Pemilu 2024 tidak ditunda ditegaskan kembali pada sebuah kesempatan. Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendukung Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengajukan banding atas putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) soal penundaan pemilihan umum (Pemilu) 2024. Dia mengakui bahwa putusan PN Jakpus sangat kontroversial dan menuai pro kontra masyarakat.

"Memang itu sebuah kontroversi yg menimbulkan pro dan kontra tetapi juga pemerintah mendukung KPU untuk naik banding," kata Jokowi kepada wartawan di Pondok Pesantren Al Ittifaq Kabupaten Bandung Jawa Barat, Senin 6 Maret 2023.

Dia menekankan komitmen pemerintah agar tahapan Pemilu 2024 tetap berjalan dengan baik. Terlebih, anggaran untuk penyelenggaraan Pemilu juga sudah disiapkan dengan baik.

"Sudah saya sampaikan berulang kali komitmen pemerintah untuk tahapan pemilu ini berjalan dengan baik, penyiapan anggaran juga sudah disiapkan dengan baik agar tahapan pemilu kita harapkan tetap berjalan," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.