Sukses

Jenis Cover Buku Yasin yang Umum Digunakan, Pilih Sesuai Kebutuhan

Buku Yasin dan Tahlil merupakan cindermata bagi umat Muslim, saudara, maupun teman yang hadis saat acara tahlilan.

Liputan6.com, Jakarta Cover buku Yasin menjadi salah satu hal yang sangat penting, sebab ini menjadi daya tarik tersendiri. Buku Yasin dan Tahlil merupakan cindermata bagi umat Muslim, saudara, maupun teman yang hadis saat acara tahlilan.

Buku Yasin ini banyak dicetak dipercetakan Indonesia, untuk itu umat Muslim sudah tak asing dengan buku ini. Bagi anda yang ingin mencetak Buku Yasin untuk acara tahlilan, sangat penting mengetahui jenis bahan cover Buku Yasin.

Dengan mengetahui jenis bahan cover Buku Yasin, maka anda akan dengan mudah merancangnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Meski begitu, anda harus tetap mengikuti standar percetakan buku Yasin.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai jenis bahan cover buku Yasin yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (17/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jenis Bahan Cover Buku Yasin

Berikut ini terdapat beberapa jenis bahan cover buku Yasin yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan, yakni:

1. HVS Cover Premium

Jenis bahan cover buku Yasin yang pertama adalah HVS cover premium. Jenis bahan ini banyak digunakan oleh percetakan untuk membuat cover buku Yasin. Hal ini karena harga bahannya yang terjangkau, namun sayangnya jenis bahan ini memiliki tekstur kertas yang cukup fleksibel dan tipis sehingga mudah untuk sobek jika tidak hati-hati menggunakannya.

2. Hard Cover

Jenis bahan cover buku Yasin yang selanjutnya adalah hard cover. Jenis bahan cover buku Yasin hard cover ini juga banyak digunakan. Hal ini karena hard cover memiliki bahan yang cukup tebal, sehingga membuat isi dari buku Yasin terlindungi dengan baik. Namun, sayangnya harga dari cover Buku Yasin hard cover ini lebih mahal dari jenis cover sebelumnya. Meski begitu, tidak sedikit orang yang masih memilih hard cover sebagai cover Buku Yasin karena bisa menambahkan warna-warna elegan seperti emas atau perak. 

3. Silk Cover

Jenis bahan cover buku Yasin yang selanjutnya adalah silk cover. Jika dilihat secara sekilas, jenis cover ini memiliki kesamaan dengan hard cover. Perbedaan keduanya adalah silk cover memiliki permukaan lebih halus dan mengkilap serta cover buku Yasin dan Tahlil yang tebal dan kaku.

3 dari 3 halaman

Perbedaan Buku Yasin Isi 128, 176 dan 256 Halaman

Buku Yasin merupakan salah satu jenis buku yang menjadi pedoman atau bacaan dalam kegiatan pengajian dan tahlil dalam budaya keagamaan Indonesia. Umumnya kegitan tersebut dilakukan dalam waktu-waktu tertentu peringatan atau biasa dilakukan saat malam jum'at.

Buku Yasin sendiri yang dicetak sebagai cindermata bagi umat Muslim dibedakan menjadi tiga jenis adalah buku Yasin halaman 128, 176 dan buku Yasin 256 halaman. Selain halamannya, ada perbedaan lain dari masing-masing jenis Buku Yasin tersebut adalah sebagai berikut ini:

1. Buku Yasin 128 Halaman

Buku Yasin isi 128 halaman merupakan jenis buku Yasin yang paling tipis diantara buku Yasin yang lainnya dan paling laris dipasaran. Hal ini disebabkan faktor harga yang relatif lebih murah daripada buku Yasin lainnya. 

Selain jumlah halaman, buku Yasin 128 halaman juga memiliki beberapa perbedaan daripada jenis buku Yasin lainnya. Adapun perbedaan buku Yasin ini dengan yang lainnya adalah terlihat dari isinya. Isi dari buku Yasin 128 halaman ini terdiri dari :

  1. Daftar isi
  2. Fadhilah dan keutamaan surat Yasin
  3. Surat Yasin
  4. Doa surat Yasin
  5. Doa tahlil
  6. Surat-surat pendek, seperti surat Al-Mulk.
  7. Doa-doa pendek

2. Buku Yasin 176 Halaman

Jenis buku Yasin yang selanjutnya adalah buku Yasin isi 176 halaman, buku yasin ini terbilang popular dan juga laris di pasaran. Buku Yasin yang satu ini merupakan jenis buku Yasin yang dijual dengan harga sedikit mahal, namun juga masih terjangkau.

Isinya juga bisa dibilang lebih komplit daripada jenis buku Yasin 128 halaman. Di mana pada buku yasin 176 halaman ini isi didalamnya tidak hanya terdiri dari 6 komponen, namun 12 komponen yang terdiri dari :

  1. Daftar Isi
  2. Surat Al Fatihah
  3. Surat al ikhlas
  4. Surat al falaq
  5. Surat annas
  6. Ayat qursi
  7. Fadilah surat Yasin
  8. Surat Yasin
  9. Doa Surat Yasin
  10. Doa tahlil
  11. Doa-doa pendek
  12. Asmaul husna

3. Buku Yasin 256 Halaman

Jenis buku Yasin yang berikutnya adalah jenis buku Yasin yang paling lengkap dan juga paling mahal harganya yakni buku Yasin dengan 256 halaman. Meskipun harganya mahal, namun tidak sedikit orang yang masih membeli buku Yasin 256 halaman ini. Di dalam buku Yasin 256 halaman ini, tidak hanya mendapatkan daftar isi, anda bisa mendapatkan : 

  1. Daftar isi
  2. Doa pembuka al fatihah dan ayat kursi
  3. Surat Yasin dan artinya
  4. Fadhilah Surat Yasin
  5. Doa Surat Yasin
  6. Doa Tahlil
  7. Doa-doa pendek, seperti doa selamat, doa untuk orang tua, dan masih banyak yang lainnya.
  8. Doa-doa panjang dan mujarab
  9. Ayat-ayat pendek juz 30, seperti surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas, Ar-Rahmaan, dan masih banyak yang lainnya.
  10. Asmaul Husna

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.