Sukses

Doa Nabi Sulaiman Mengusir Semut Bahasa Arab, Latin, Beserta Artinya

Doa nabi Sulaiman mengusir semut perlu dikenali oleh muslim.

Liputan6.com, Jakarta Doa nabi Sulaiman mengusir semut perlu dikenali oleh muslim. Pasalnya, semut merupakan salah satu hewan yang tidak boleh dibunuh. Apalagi jika semut tersebut tidak membahayakan hidup manusia. Banyak hal bisa dilakukan untuk mengusir semut tanpa harus membunuhnya.

Semut merupakan hewan yang mulia dalam pandangan Islam. Bahkan Allah SWT mengabadikan keistimewaan semut di dalam Surat An-Naml. Hukum membunuh semut dalam Islam adalah dilarang. Larangan ini datang dari Rasulullah SAW.

Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Ibnu Abbas, ia berkata:

“Sesungguhnya Nabi SAW melarang membunuh empat hewan: semut, lebah, burung hudhud, dan burung shurad.”

Walapun begitu, manusia tetap diperbolehkan membunuh semut yang ukurannya besar dan dapat membahayakan manusia itu sendiri. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/7/2023) tentang doa nabi Sulaiman mengusir semut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Nabi Sulaiman Mengusir Semut

Doa nabi Sulaiman mengusir semut bisa kamu temukan di dalam Al-Qur’an. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, doa ini terdapat pada surat An-Naml, tepatnya pada ayat 18. Surat An-Naml ini menceritakan tentang pertemuan nabi Sulaiman AS dengan segerombolan semut. Berikut doa nabi Sulaiman mengusir semut:

Doa nabi Sulaiman mengusir semut tulisan Arab:

حَتَّىٰٓ إِذَآ أَتَوْا۟ عَلَىٰ وَادِ ٱلنَّمْلِ قَالَتْ نَمْلَةٌ يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّمْلُ ٱدْخُلُوا۟ مَسَٰكِنَكُمْ لَا يَحْطِمَنَّكُمْ سُلَيْمَٰنُ وَجُنُودُهُۥ وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ

Doa nabi Sulaiman mengusir semut Latin:

Hattā iżā atau 'alā wādin-namli qālat namlatuy yā ayyuhan-namludkhulụ masākinakum, lā yahṭimannakum sulaimānu wa junụduhụ wa hum lā yasy'urụn

Arti doa nabi Sulaiman mengusir semut:

"Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari,"

3 dari 4 halaman

Doa Nabi Sulaiman Mengusir Semut Bahasa Indonesia Singkat

Doa nabi Sulaiman mengusir semut bisa juga kamu lafalkan dengan doa lainnya. Umat Islam memang dianjurkan untuk mengusir semut dengan melakukan doa, bukan dengan membunuhnya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa langkah lainnya yang praktis di rumah sebagai cara mengusir semut. Berikut doa nabi Sulaiman mengusir semut lainnya:

Doa nabi Sulaiman mengusir semut dari rumah:

“Assalamulaikum rakyat Nabi Sulaiman, ini rumahku karena aku ingin membersihkan tempat yang menjadi rumahmu. Kamu adalah makhluk Allah, buatlah sarangmu di luar rumahku agar kamu selamat.”

Selain menegur semut dengan doa tersebut, kamu juga bisa melantunkan doa berikut ini:

Hadza li ghulamil qadhi

Artinya:

“Dengan izin Allah, semut-semut tidak berani mendekati makanan ini.”

Baca juga, doa Nabi Sulaiman mendatangkan rezeki disini

Baca juga, doa Nabi Sulaiman mengusir jin disini

4 dari 4 halaman

Cara Mengusir Semut dari Rumah

Setelah melafalkan doa nabi Sulaiman mengusir semut, kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk membuat semut keluar dari rumah.berikut beberapa cara mengusir semut dari rumah:

1. Cuka

Cara mengusir semut yang pertama adalah menggunakan cuka dan air. Campuran cuka dan air dapat menjadi insektisida yang murah meriah. Cara membuatnya mudah saja, tinggal larutkan cuka dengan air dengan perbandingan 1:1. Lalu masukkan larutan tersebut dalam botol spray. Kamu bisa menyemprotkan larutan cuka pada bagian rumah yang sering dilalui semut, seperti bingkai jendela, pintu, dan furnitur kayu lain. Larutan ini terbukti ampuh membuat semut enggan mendekat. Bau cuka yang menyengat akan hilang setelah mengering. Untuk dapatkan hasil maksimal, semprotkan secara rutin setiap pagi.

2. Perasan Lemon atau Jeruk

Selain memberikan bau segar untuk rumah, perasan lemon juga dapat digunakan sebagai cara mengusir semut. Lemon mengandung asam sitrat yang tidak disukai semut dan bisa dijadikan cairan insektisida alami. Cara menggunakannya mudah saja, kamu tinggal mencampurkan air dengan perasan lemon atau jeruk dengan perbandingan 1 buah lemon dan 3 bagian air.

Kemudian masukkan ke dalam botol spray. Semprotkan cairan tersebut langsung pada bagian-bagian rumah yang rentan dikerubungi semut. Larutan lemon atau jeruk ini bisa menjadi pilihan alternatif jika kamu tidak menyukai bau cuka.

3. Tepung Terigu

Cara mengusir semut dengan tepung terigu juga bisa menjadi alternatif. Caranya juga sangat mudah, kamu tinggal menaburkan tepung maizena pada kerumunan koloni semut yang bergerombol secara langsung atau kamu juga bisa menambahkan sedikit air.

4. Cengkeh

Cara mengusir semut tanpa perlu air dengan bahan dapur, bisa menggunakan cengkeh. Kamu bisa menempatkan 5-10 cengkeh di tempat yang banyak semut. Aroma cengkeh yang kuat tidak disukai semut sehingga mereka akan pergi dengan sendirinya.

5. Bubuk Cabai Rawit

Hewan berbadan kecil ini rupanya tidak suka dengan aroma pedas. Bubuk cabai yang pedas ampuh untuk mengusir semut. Cara mengusir semut dengan bubuk cabai rawit ialah dengan meletakkan bubuk cabai ke dalam wadah kecil. Lalu, tempatkan wadah bubuk cabai tersebut dekat dengan makanan yang diburu semut-semut. Semut-semut tersebut akan menghilang dengan sendirinya.

6. Lada

Pilihan alternatif bahan alami untuk mengusir semut di rumah, kamu bisa menggunakan lada. Caranya mudah, kamu cukup menaburkan lada di pinggiran lantai. Aroma lada yang panas dan sedikit pedas bisa membuat semut enggan naik ke permukaan.

7. Garam

Garam bisa mencegah dan menghentikan semut datang ke rumah. Kamu bisa menaburkan garam ke retakan, lubang, atau daerah yang semut rawan datang. Pastikan bahwa daerah yang akan ditaburi tersebut dalam keadaan kering. Kamu juga bisa membuat garis pembatas yang tidak akan dilanggar semut menggunakan garam.

Garis pembatas berupa garis putus-putus yang dipenuhi dengan salah satu bahan, tidak hanya garam namun juga bahan lainnya yang telah disebutkan. Gunakan salah satu bahan di atas untuk membuat garis di sekitar bingkai jendela, di sekitar rumah, dan di tempat-tempat yang bisa digunakan semut untuk masuk. Perbarui garisnya setiap beberapa hari sekali, karena semut akan dapat melewatinya jika garisnya terputus. Kini, kamu pun dapat terhindar dari kehadiran semut di dalam rumah.

Baca juga, cara mengusir semut dengan bahan alami disini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.