Sukses

Doa Nabi Sulaiman Menundukkan Hewan dan Doa Harian Lainnya

Doa Nabi Sulaiman menundukkan hewan berkaitan dengan salah satu mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT kepadanya, yaitu kemampuannya untuk berbicara dengan hewan.

Liputan6.com, Jakarta Nabi Sulaiman adalah salah satu nabi yang wajib diketahui oleh penganut agama Islam. Namanya disebut beberapa kali dalam Al-Quran, slah satunya pada surat An-Naml ayat 30 yang merupakan doa Nabi Sulaiman menundukan hewan. Sulaiman adalah putra dari Nabi Daud yang dianggap sebagai salah satu nabi yang paling bijaksana dan kuat dalam sejarah Islam. Nabi Sulaiman memimpin suatu kerajaan yang besar dan memiliki kebijaksanaan serta kekuasaan yang luar biasa.

Doa Nabi Sulaiman menundukkan hewan berkaitan dengan salah satu mukjizat yang diberikan oleh Allah SWT kepadanya, yaitu kemampuannya untuk berbicara dengan hewan. Ini menjadi salah satu keistimewaan yang membedakan Nabi Sulaiman dari nabi-nabi lainnya. 

Selain bijaksana, Nabi Sulaiman juga dikenal karena sifat rendah hati, ketidak-sombongan, dan sikap yang cerdas. Dia menggunakan kekuasaan dan kekayaannya untuk melakukan kebaikan dan mensejahterakan umat manusia serta jin yang ada di kerajaannya. Oleh sebab itu kisah Nabi Sulaiman menjadi salah satu hal yang perlu diketahui umat Muslim. Berikut doa Nabi Sulaiman menundukkan hewan beserta doa harian lainnya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (19/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Doa Nabi Sulaiman Menjinakan Hewan

Seperti sudah sempat dibahas sebelumnya, Nabi Sulaiman dianugerahi banyak mukjizat dari Allah SWT, salah satunya mampu berbicara dengan bangsa hewan. Nabi Sulaiman dapat berbicara dengan burung hingga semut dan mengerti apa yang dikehendaki hewan-hewan tersebut kepada manusia.

Berikut adalah doa Nabi Sulaiman menundukan hewan yang dianjurkan untuk dibaca ketika berhadapan dengan hewan buas yang membahayakan. Doa ini juga dapat dibaca sesaat sebelum menyembelih hewan agar proses penyembelihan berjalan lebih mudah. Berikut bacaannya.

اِنَّهٗ مِنۡ سُلَيۡمٰنَ وَاِنَّهٗ بِسۡمِ اللّٰهِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِيۡم بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْماَلَّا تَعْلُوا عَلَىَّ وَاْتُونِى مُسْلِمِيْنَ

Innahuu min Sulaimaana wa innahuu bismil laahir rahmaanir rahiim. Bismillah hirrahmani rahiim, allaa ta'luu alayya wa'tuunii muslimin.

Artinya: Sesungguhnya (surat) itu dari Sulaiman yang isinya, 'Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri. (QS. An-Naml ayat 30)

2. Doa Nabi Sulaiman Mohon Kelancaran Rezeki

Nabi Sulaiman diriwayatkan pernah memohon kepada pada Allah SWT agar diberi kekayaan yang melimpah. Doa ini dapat diamalkan untuk memohon kelancaran rezeki kepada Allah SWT.

قَالَ رَبِّ ٱغْفِرْ لِى وَهَبْ لِى مُلْكًا لَّا يَنۢبَغِى لِأَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِىٓ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

Qala rabbigfir li wa hab li mulkal la yambagi li ahadi mim ba'di innaka antal wahhab.

Artinya: Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki seorang jua pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi. (QS. Shaad ayat 35)

3 dari 4 halaman

3. Doa Nabi Sulaiman Ketika Memperoleh Nikmat

Tidak hanya ketika meminta kelancaran rezeki, Nabi Sulaiman pun senantiasa berdoa ketika mendapatkan nikmat dari Allah SWT. Doa ini di ucapkan Nabi Sulaiman ketika diangkat menjadi nabi dan rasul, memiliki kekuatan fisik untuk mengalahkan kaum zalim, memiliki kekayaan dan kerajaan yang besar, hingga menjadi raja yang dicintai rakyatnya.

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ وَسُلَيْمَٰنَ عِلْمًا ۖ وَقَالَا ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِى فَضَّلَنَا عَلَىٰ كَثِيرٍ مِّنْ عِبَادِهِ ٱلْمُؤْمِنِينَ

Wa laqad ataina dawuda wa sulaimana'ilma, wa qalal-hamdu lillahillazi faddalana 'ala kasirim min 'ibadihil mu'minin.

Artinya: Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman, dan keduanya mengucapkan, 'Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman.' (QS An-Naml ayat 15)

4. Doa Nabi Sulaiman agar Tetap Memiliki Rasa Syukur

Nabi Sulaiman menyadari bahwa segala yang ia miliki adalah pemberian dari Allah SWT. Oleh sebab itu Nabi Sulaiman tidak ingin kehilangan rasa syukur dalam dirinya atas karunia rahmat yang diberikan oleh Allah SWT. berikut adalah doa yang dipanjatkan Nabi Sulaiman untuk memohon agar dirinya dijadikan hamba yang senantiasa bersyukur.

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّن قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَدْخِلْنِى بِرَحْمَتِكَ فِى عِبَادِكَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Fa tabassama dahika ming qauliha wa qala rabbi auzi'ni an asykura ni'matakallati an'amta alayya, wa ala walidayya wa an a'mala saliha tardahu wa adkhilni birahmatika fi'ibadikas salihin.

Artinya: Maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. "Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepada aku dan kepada kedua orang ibu bapakku, dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau meridai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba yang saleh."(QS. An-Naml ayat 19)

4 dari 4 halaman

5. Doa Nabi Sulaiman Mengusir Jin

Selain kekayaan yang melimpah dan kemampuan berbicara dengan hewan, Nabi Sulaiman juga memiliki mukjizat mampu berkomunikasi dengan jin. Seperti diketahui Keberadaan jin dapat menjadi pengganggu bagi manusia. Nabi Sulaiman membaca sebuah doa untuk mengusir jin. Doa ini juga digunakan kepada orang yang kerasukan jin bahkan di masa sekarang. 

اللهم أدخلنا فى سـور سـليمان وملك سـليمان من المشـرق الي المغرب بذاته وصفاته وأفعاله وقوته وسـلام يارب جبريل وميكائيل وإسـرافيل وعزرائيل وملك سـليمان من المشـرق الي المغرب جنا وإنسـانا وريحا وغماما تسـليما كثيرا وسـبحانه وتعالى جل جلاله وكماله عليما

يا إبليس يا إبليس يا إبليس والشـياطين سـاكنا فى الظلماتربنا تقبل منا دعاء سـليمان وصلى الله على سـليمان وعلى سـائر الأنبياء برحمتك يا أرحم الراحمين

Allohumma adkhilna fi suri sulaimana wa mulki sulaimana minal masyriqi ilal maghrib bi dzatihi wa shifatihi wa af’alihi wa quwwwatihi.

Ya robba jibrila wa mikaila wa isrofila wa ‘azroila. Wa mulku sulaimana minal masyriqi ilal maghribi,jinnan wa insan wa rihan wa ghomaman,tasliman katsiron. Wasubhanahu wa ta’ala jalla jalaluhu wa kamaluhu ‘aliman.

Ya iblisu… (3x) wasy syayathinu sakinan fizhulumati.

Robbana taqobbal minna du’a`a sulaimana, wa shollallohu ‘ala sulaimana wa ‘ala sa_iril anbiyai birohmatika ya arhamar rohimin.

Artinya: Ya Allah, masukkan kami dalam kawalan lingkungan Nabi Sulaiman, dan Nabi Sulaiman telah memiliki daripada timur dan barat dengan kebolehan anugerah Allah, sifat, perbuatan-perbuatan dan juga kekuatannya. Selamat sejahterakanlah kami wahai Tuhan Jibril, Mikail, Israfil, dan Izrail.

Telah menguasai Nabi Sulaiman dari timur dan barat, jin, manusia, angin dan awan, beserta keselamatan yang banyak.

Maha suci Allah Ta’ala yang Maha Mulia kemuliaan dan kesempurnaan-Nya, ketahuilah oleh kamu, wahai iblis, wahai iblis, wahai iblis, setan-setan tinggal dalam kegelapan.

Wahai Tuhan kami, terimalah dari pada kami doa Nabi Sulaiman dan semoga rahmat Allah atas Nabi Sulaiman, juga para nabi dengan rahmat-Mu, ya Allah yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.