Sukses

Basmi Semut dengan Bahan Alami yang Ramah Lingkungan

Beberapa bahan alami ini dapat membantu Anda mengusir semut di dalam rumah.

Liputan6.com, Jakarta Ada gula, ada semut. Kalimat itu mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Ketika Anda menyimpan kue atau  makanan manis lainnya, mungkin saat Anda kembali untuk mengambilnya makanan tersebut sudah dikelilingi oleh semut.  Kasus lainnya, disaat Anda makan kue atau makanan manis, maka sisa-sisa makanan yang berserakan mungkin akan mengundang semut datang untuk mencicipinya.

Semut yang jalan-jalan disekitar rumah, dapat membuat lingkungan menjadi terlihat kotor. Untuk memberantas semut ini, biasanya sebagian besar orang menggunakan bahan kimia seperti semprotan anti serangga atau bahkan pestisida.
Tetapi, cara ini bisa menjadi berbahaya karena kandungan kimia yang terdapat di dalamnya bisa mencemari lingkungan.

Selain itu, mengusir semut bukanlah perkara mudah. Seringkali mereka datang lagi untuk mengotori rumah Anda.  Dilansir dari Boldsky, Jumat (27/2/2015), terdapat beberapa bahan alami yang dapat dijadikan obat pengusir semut tanpa harus mencemari lingkungan. (Mut/Liz)

Berikut bahan alami tersebut:

1. Cuka
Cuka merupakan salah satu pembasmi semut alami yang mudah di dapat. Cukup dengan menyemprotkannya ke lubang sumber keluarnya semut dan lakukan secara berkala dalam beberapa hari maka semut akan pergi dan tak kembali.

2. Air Sabun
Cara ini merupakan salah satu cara yang sering dilakukan banyak orang. Isi botol dengan campuran sabun dan air  panas lalu semprotkan secara rutin selama beberapa hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2

3. Kapur
Cara sederhana mengusir semut bisa dilakukan dengan membuat garis menggunakan kapur. Anda bisa melakukannya untuk melindungi barang-barang tertentu dari serangan semut. Cukup dengan membuat garis diluar tempat yang ingin Anda lindungi agar semut tidak melewati jalan tersebut.

4. Bedak Bayi
Taburan bedak bayi di sumber datangnya semut dapat menghadang mereka saat akan memasuki rumah Anda.

5. Jus Lemon
Selain dapat mengusir semut, semprotan jus lemon ini bisa membuat ruangan menjadi lebih segar dengan wangi yang ditimbulkan.

3 dari 3 halaman

3

6. Kopi
Kopi dapat menjadi pengusir semut yang ampuh karena mereka tidak menyukai baunya. Anda bisa menaburkannya untuk membuat semut menjauh dari rumah Anda.

7. Tepung Jagung
Pada dasarnya semut menyukai tepung jagung yang akan Anda simpan. Ini hanya sebagai trik untuk memancing mereka. Jika Anda meletakkan tepung jagung ini, mereka akan membawanya ke sarang untuk dimakan. Namun, mereka akan mati karena tidak mampu mencernanya sehingga perut mereka meledak.

8. Garam
Garam ini bisa digunakan sebagai pencegah datangnya semut. Hanya dengan menaburkan garam di celah, lubang, atau sisi rumah yang retak, maka mereka tidak akan melewati jalan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.