Sukses

16 Cara Mengusir Semut yang Mudah, Gunakan Bahan Alami yang Tersedia di Rumah

Cara mengusir semut bisa gunakan bahan alami yang tersedia di rumah seperti cuka, serbuk kapur dan daun sirih.

Liputan6.com, Jakarta Semut adalah serangga kecil yang hidup dalam koloni dan tergolong dalam ordo Hymenoptera. Semut memiliki manfaat dalam ekosistem, seperti membantu dalam proses penyerbukan, mengendalikan populasi serangga lain yang dianggap sebagai hama, dan membantu dalam penyebaran biji tanaman. Namun, terkadang keberadaan semut bisa menjadi masalah, oleh karena itu ada beberapa cara mengusir semut salah satunya dengan menjaga kebersihan rumah. 

Semut adalah serangga yang sangat pintar dan terorganisir dengan baik. Mereka hidup dalam koloni yang terdiri dari ratusan hingga ribuan individu, dan masing-masing individu memiliki peran yang spesifik dalam koloni tersebut. Semut biasanya masuk ke dalam rumah atau bangunan, untuk mencari makanan atau tempat berkembang biak. Karena itu, cara mengusir semut dari rumah atau bangunan sebaiknya gunakan cara-cara alami, yang tidak memiliki potensi berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia.

Semut adalah serangga yang hidup di hampir semua jenis lingkungan, baik itu di lahan pertanian, hutan, perkotaan, atau bahkan di laut. Mereka memakan berbagai macam makanan, seperti nektar, madu, serangga lain, dan bahkan makanan manusia. Meskipun semut umumnya tidak dianggap sebagai hama, namun keberadaannya bisa mengganggu aktivitas manusia di rumah atau di lingkungan sekitar jika koloninya menjadi terlalu besar dan mengganggu keseimbangan ekosistem. Berikuti ini cara mengusir semut yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (27/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengusir Semut

Semut sering menjadi masalah di rumah atau lingkungan sekitar, terutama jika semut tersebut berada di dalam rumah dan merusak makanan atau barang-barang lainnya. Untuk mengatasi masalah semut, berikut adalah beberapa cara mengusir semut yang dapat dilakukan:

1. Membersihkan Rumah dan Menjaga Kebersihan

Cara mengusir semut paling sederhana dan efektif adalah dengan menjaga kebersihan rumah. Membersihkan dapur, meja makan, dan area makan lainnya setelah digunakan, serta menjaga agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal di area tersebut. Pastikan juga untuk membersihkan semua permukaan di rumah secara rutin, termasuk lantai dan dinding.

2. Menggunakan Aromatik Alami

Semut tidak suka dengan bau-bauan tertentu seperti aroma peppermint, lavender, atau kayu putih. Anda bisa mencoba untuk menyemprotkan minyak esensial dari bahan-bahan tersebut di sekitar rumah atau area yang terdapat semut. Anda juga bisa menempatkan daun mint segar atau serbuk kayu putih di area yang sering dilewati oleh semut.

3. Menggunakan Cuka

Cuka bisa menjadi alternatif yang murah dan efektif untuk mengusir semut. Cuka mengandung asam asetat yang dapat mengganggu kemampuan semut, dalam menemukan makanan atau jalur yang biasa mereka lewati. Campurkan cuka dengan air dalam botol semprot dan semprotkan ke area yang sering dilalui semut.

4. Menggunakan Serbuk Kapur

Cara mengusir semut selanjutnya adalah serbuk kapur, di mana akan sangat efektif untuk mengusir semut, terutama semut yang berada di luar rumah. Serbuk kapur mengandung kalsium karbonat yang dapat merusak kerangka semut, sehingga semut tidak dapat bergerak atau berkembang biak dengan normal. Taburkan serbuk kapur di sekitar area yang sering dilewati oleh semut.

5. Menggunakan Racun Semut

Jika cara mengusir semut seperti serbuk, cuka dan aromatik tidak berhasil, maka Anda bisa menggunakan racun semut yang dijual di toko atau supermarket. Namun, pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan dengan teliti dan mengikuti instruksi penggunaannya dengan benar. Hindari mengeluarkan racun semut di area yang dijangkau oleh anak-anak atau hewan peliharaan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengusir Semut

6. Menempatkan Kulit Jeruk atau Lemon

Semut tidak suka dengan aroma dari kulit jeruk atau lemon. Anda bisa menempatkan kulit jeruk atau lemon di area yang sering dilalui oleh semut, seperti di sekitar jendela atau di area dapur. Anda juga bisa memeras air dari buah jeruk atau lemon dan menyemprotkannya ke area yang sering dilewati oleh semut.

7. Menempatkan Daun Sirih

Cara mengusir semut adalah dengan daun sirih, di mana Anda bisa mengambil beberapa lembar daun sirih segar, kemudian letakkan di area yang sering dilewati oleh semut, atau Anda bisa mencampurkan daun sirih yang sudah dihaluskan dengan air dan menyemprotkannya ke area tersebut.

8. Menempatkan Cengkeh

Cengkeh mengandung minyak atsiri yang bisa mengusir semut. Ambil beberapa cengkeh dan letakkan di area yang sering dilewati oleh semut. Anda juga bisa mencampurkan minyak cengkeh dengan air, dan menyemprotkannya ke area yang sering dilewati oleh semut.

9. Membuat Perangkap Semut

Cara mengusir semut berikutnya sangat mudah, Anda bisa membuat perangkap semut sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, seperti gula dan borax. Campurkan gula dan borax dengan perbandingan 1:1, dan taruh campuran tersebut di area yang sering dilewati oleh semut. Semut akan tertarik dengan gula dan borax akan membunuh semut secara perlahan-lahan.

10. Memasang Perekat Serangga

Perekat serangga dapat digunakan untuk menangkap semut yang lewat. Tempatkan perekat serangga di area yang sering dilewati oleh semut, seperti di sekitar jendela atau di area dapur. Pastikan untuk mengganti perekat serangga secara berkala.

 

4 dari 4 halaman

Cara Mengusir Semut

11. Menempatkan Cinnamon

Semut juga tidak suka dengan aroma kayu manis atau cinnamon. Anda bisa menempatkan kayu manis di area yang sering dilewati oleh semut, seperti di sekitar jendela atau di area dapur. Anda juga bisa mencampurkan cinnamon dengan air dan menyemprotkannya ke area yang sering dilewati oleh semut.

12. Menempatkan Minyak Eukaliptus

Cara mengusir semut selanjuutnya bisa gunakan minyak eukaliptus, di mana minyak ini memiliki aroma yang dapat mengusir semut. Campurkan minyak eukaliptus dengan air dalam botol semprot, dan semprotkan ke area yang sering dilewati oleh semut. Anda juga bisa menempatkan kapas yang telah dicelupkan dalam minyak eukaliptus di sekitar area yang terdapat semut.

13. Perangkap Semut dengan Permen Karet

Anda bisa membuat perangkap semut dengan permen karet yang lengket. Tempatkan permen karet di area yang sering dilewati oleh semut dan biarkan permen karet tersebut menempel pada semut. Pastikan untuk mengganti permen karet secara berkala.

14. Air Jeruk Nipis dan Garam

Cara mengusir semut yang bisa Anda lakukan adalah mencampurkan air jeruk nipis dan garam, untuk mengusir semut. Campurkan air jeruk nipis dan garam dengan perbandingan 1:1, dan semprotkan campuran tersebut ke area yang sering dilewati oleh semut. Jeruk nipis akan membuat semut menjadi bingung dan garam akan mengeringkan tubuh semut sehingga semut akan mati.

15. Menggunakan Pasir Silika

Pasir silika memiliki sifat yang sangat mengeringkan sehingga dapat membunuh semut. Taburkan pasir silika di area yang sering dilewati oleh semut, seperti di sekitar jendela atau di area dapur. Pastikan untuk menghindari paparan pasir silika langsung pada kulit manusia dan hewan peliharaan.

16. Gunakan Daun Mint

Daun mint juga memiliki aroma yang tidak disukai semut. Anda dapat menempatkan daun mint di tempat-tempat yang sering dilewati semut, atau membuat campuran air dan minyak esensial mint untuk disemprotkan di area yang ingin dijaga dari semut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.