Sukses

Tramadol adalah Obat Pereda Nyeri, Kenali Efek Sampingnya

Obat ini sering disalahgunakan.

Liputan6.com, Jakarta Tramadol adalah salah satu jenis obat yang cukup sering terdengar. Tramadol adalah obat resep yang harus dikonsumsi di bawah pengawasan dokter. Ini karena tramadol adalah termasuk golongan narkotika.

Dalam penggunannya, tramadol adalah obat untuk meredakan nyeri sedang hingga berat. Tramadol adalah obat yang sering diberikan pasca operasi untuk mengurangi nyeri. 

Tramadol adalah kelompok obat yang disebut analgesik opioid. Dalam beberapa kasus, obat ini sering disalahgunakan. Padahal tramadol adalah obat yang bisa menyebabkan ketergantungan mental atau fisik.

Berikut penjelasan tentang tramadol, kegunaan, dan efek sampingnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(09/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Mengenal tramadol

Tramadol adalah obat penghilang rasa sakit yang kuat. Obat ini dikenal dengan merk dagang Ultram. Tramadol digunakan untuk mengobati nyeri sedang hingga parah, misalnya setelah operasi atau cedera serius. Obat ini juga digunakan untuk mengobati rasa sakit yang berlangsung lama ketika obat penghilang rasa sakit yang lebih lemah tidak lagi bekerja.

Tramadol termasuk dalam kelompok obat yang disebut analgesik opioid. Tramadol adalah obat yang hanya bisa didapat dengan resep dokter. Ia tersedia dalam bentuk tablet, kapsul dan tetes cair. Tramadol juga bisa diberikan melalui suntikan di rumah sakit.

3 dari 9 halaman

Cara kerja tramadol

Tramadol bekerja dengan mengubah cara otak merasakan rasa sakit. Tramadol mirip dengan zat di otak yang disebut endorfin. Endorfin berikatan dengan reseptor (bagian sel yang menerima zat tertentu). Reseptor kemudian mengurangi pesan rasa sakit yang dikirim tubuh ke otak.

Tramadol bekerja dengan cara yang sama untuk mengurangi jumlah rasa sakit yang menurut otak alami. Tramadol digunakan untuk mengobati nyeri sedang hingga berat. Tramadol dapat digunakan sebagai bagian dari terapi kombinasi. Ini berarti pasien mungkin perlu meminumnya dengan obat lain.

4 dari 9 halaman

Jenis tramadol

Tramadol hadir dalam bentuk:

- tablet kerja cepat – mengandung 50mg tramadol

- tablet kerja lambat - mengandung 50mg, 75mg, 100mg, 150mg, 200mg, 300mg atau 400mg tramadol

- kapsul kerja cepat – ini mengandung 50mg tramadol

- kapsul kerja lambat - mengandung 50mg, 100mg, 150mg atau 200mg tramadol

- tetes yang ditelan – mengandung 100mg tramadol dalam 1ml cairan

- suntikan (biasanya diberikan di rumah sakit)

- tablet larut - mengandung 50mg tramadol

- tablet yang larut dalam mulut – mengandung 50mg tramadol

5 dari 9 halaman

Efek samping tramadol

Seperti semua obat-obatan, tramadol dapat menyebabkan efek samping meskipun tidak semua orang mengalaminya. Efek samping tramadol yang paling umum adalah rasa sakit dan pusing. Tablet oral tramadol juga dapat menyebabkan kantuk.

Tramadol juga dapat menyebabkan efek samping lainnya, seperti:

- mual dan muntah

- sembelit

- kekurangan energi

- berkeringat

- mulut kering

6 dari 9 halaman

Efek samping yang serius

Efek samping yang serius dan gejalanya dapat meliputi:

Sindrom serotonin

Gejalanya bisa meliputi detak jantung cepat, tekanan darah tinggi, suhu tubuh yang lebih tinggi dari biasanya, refleks yang lebih kuat dari biasanya, kurangnya koordinasi, mual dan muntah, diare, agitasi, halusinasi, dan koma.

Masalah pernapasan

Gejalanya bisa meliputi melambatnya laju pernapasan, pernapasan sangat pendek, pingsan, pusing, atau kebingungan.

Ketergantungan

Ketergantungan fisik dan penarikan bisa terjadi saat menghentikan obat. Gejalanya bisa meliputi merasa mudah tersinggung, cemas, atau gelisah, susah tidur, peningkatan tekanan darah, laju pernapasan cepat, detak jantung cepat, pupil melebar (besar), mata berkaca-kaca, pilek, menguap, mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan, diare dan kram perut, berkeringat, panas dingin, nyeri otot, nyeri punggung, atau nyeri sendi.

Insufisiensi adrenal

Gejalanya bisa meliputi kelelahan yang berkepanjangan, kelemahan otot, dan sakit di perut.

Kekurangan androgen

Gejalanya bisa meliputi kelelahan, susah tidur, dan energi berkurang.

Efek lainnya:

- Kejang

- Kecanduan atau penyalahgunaan obat ini

7 dari 9 halaman

Efek samping yang kurang umum

Orang mungkin mengalami efek samping lain yang terjadi dengan kejadian kurang dari 5%, seperti:

- ketidaknyamanan seluruh tubuh

- reaksi alergi

- kecenderungan bunuh diri

- penurunan berat badan

- detak jantung cepat

- penurunan tekanan darah saat berdiri

- kebingungan

- gangguan koordinasi

- penyempitan pupil

- pingsan

- ruam

- gatal-gatal

- gangguan penglihatan

- gejala menopause

- retensi urin

- sulit bernafas

- sering buang air kecil

- sindrom serotonin

8 dari 9 halaman

Ketergantungan tramadol

Seseorang bisa ketergantungan pada tramadol saat meminumnya lebih dari beberapa minggu atau bulan. Orang dengan riwayat penyalahgunaan narkoba lebih berisiko mengembangkan ketergantungan tramadol.

Menggunakan terlalu banyak tramadol bisa berbahaya. Obat ini dapat menyebabkan kecanduan dan penyalahgunaan, yang dapat mengakibatkan overdosis dan kematian. Overdosis bisa berakibat fatal, terutama pada anak atau orang lain yang menggunakan obat tanpa resep dokter.

 

9 dari 9 halaman

Interaksi obat

Tramadol dapat berinteraksi dengan beberapa obat, seperti benzodiazepin dan obat serotonergik.

Benzodiazepin

Benzodiazepin adalah obat yang mengurangi kecemasan dan mengendurkan otot. Obat ini sering digunakan untuk mengobati kecemasan dan insomnia. Jika seseorang sudah mengonsumsi obat benzodiazepin seperti lorazepam atau alprazolam, mengonsumsi tramadol dapat menyebabkan sedasi, depresi pernapasan, koma, dan bahkan kematian.

Obat serotonergik

Obat serotonergik memengaruhi kadar serotonin dalam tubuh. Orang menggunakannya untuk mengobati depresi. Orang yang menggunakan obat serotonergik harus menggunakan tramadol dengan hati-hati karena risiko sindrom serotonin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.