Sukses

10 Cara Alami Atasi Perut Kembung, Hilangkan Ketidaknyamanan

Ini cara hilangkan kembung secara alami.

Liputan6.com, Jakarta Perut kembung bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Tiap orang pasti pernah merasakan kembung. Ini biasanya terjadi karena penumpukan gas di saluran pencernaan. Retensi cairan dalam tubuh juga bisa menyebabkan kembung.

Perut kembung terasa seperti penuh dan kencang. Kembung bisa menyebabkan perut terlihat lebih besar dari biasanya. Perut yang kembung juga bisa membatasi gerak dan terkadang menimbulkan rasa sakit. Kembung biasa terjadi setelah makan atau minum dalam jumlah banyak.

Kondisi ini sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya. Namun, terkadang rasa begah dan sakit bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Cara alami mengatasi perut kembung bisa dicoba untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

Cara alami mengatasi perut kembung ini juga cukup mudah dan aman. Berikut cara alami mengatasi perut kembung, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (25/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Berjalan santai

Aktivitas fisik dapat membuat usus bergerak lebih teratur. Ini dapat membantu melepaskan kelebihan gas di dalam perut. Alih-alih bersantai setelah makan, kamu bisa berjalan-jalan santai selama 15 menit. Ini dapat membantu makanan bergerak dan dicerna dengan mudah oleh usus. Berjalan santai juga bisa menjadi cara mencegah sembelit.

Coba pose yoga

Pose yoga tertentu dapat memposisikan otot-otot di perut menjadi lebih lemas. Ini bisa mendorong pelepasan gas berlebih dari saluran pencernaan. Child’s Pose, Happy Baby Pose, dan squat dapat membantu meredakan penumpukan gas dengan cepat. Selain itu, meditasi dalam yoga juga membantu seseorang untuk bisa mengontrol porsi makannya dan mencegah makan berlebihan. Semua ini bermanfaat untuk mengatasi perut kembung.

3 dari 6 halaman

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Pijatan perut

Memijat perut dapat membantu menggerakkan perut dan mengurangi rasa kembung. Tempatkan tangan tepat di atas tulang pinggul kanan. Usap dengan gerakan memutar menggunakan tekanan ringan ke arah sisi kanan tulang rusuk. Usap lurus melintasi area perut atas ke arah tulang rusuk kiri. Bergerak perlahan ke bawah menuju tulang pinggul kiri dan ulangi seperlunya.

Menggunakan minyak esensial

Kembung juga dapat disebabkan oleh perubahan fungsi otot di saluran pencernaan. Mengoleskan minyak esensial pada perut bisa mengurangi ketegangan pada otot perut dan mengurangi rasa kembung. Anda bisa menggunakan minyak kayu putih, minyak lavender, minyak peppermint, dan minyak esensial lainnya.

4 dari 6 halaman

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Mandi air hangat

Cara alami atasi perut kembung lainnya adalah dengan mandi air hangat. Dengan mandi atau berendam menggunakan air hangat, sakit perut akibat kembung bisa teratasi. Relaksasi dapat mengurangi tingkat stres. Ini memungkinkan saluran pencernaan berfungsi lebih efektif dan membantu mengurangi kembung.

Berhenti makan yang mengandung gas

Kembung disebabkan oleh gas yang menumpuk dalam perut. Jadi, ketika merasa kembung, segera hindari makanan yang mengandung gas. Beberapa makanan berserat tinggi dapat membuat orang menghasilkan gas dalam jumlah besar. Makanan yang mengandung termasuk kacang-kacangan, beberapa biji-bijian, bawang, brokoli, kubis, apel, dan banyak lagi. Hindari juga makanan berlemak yang bisa memperlambat pencernaan dan pengosongan lambung.

5 dari 6 halaman

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Minum cukup air putih

Ketika orang kembung, mereka cenderung mengurangi konsumsi air karena berpikir akan membuat kembung semakin buruk. Namun, kembung juga bisa disebabkan oleh retensi air. Saat terjadi retensi air tubuh menahan cairan sehingga tidak mengalami dehidrasi yang menyebabkan kembung. Saat kembung, disarakan untuk memenuhi kebutuhan cairan, untuk menandakan bahwa tubuh tidak perlu menahan air yang menyebabkan kembung. Minum air hangat juga bisa bermanfaat mengatasi kembung. Air hangat juga membantu usus berkontraksi untuk membersihkan produk-produk limbah yang menyebabkan kembung.

Minum air jahe

Jahe memiliki efek meringankan gas, kembung dan sakit perut. Jahe secara alami merangsang enzim pencernaan tubuh, dan merupakan anti-inflamasi, membantu meredakan peradangan dan melindungi lapisan perut.

Senyawa dalam jahe, yang dikenal sebagai gingerol dan shogaol, dapat membantu merangsang kontraksi dan pengosongan lambung. Dengan begitu, minum teh jahe dapat membantu mengatasi mual, kram, kembung, gas, atau gangguan pencernaan.

6 dari 6 halaman

Cara Alami Atasi Perut Kembung

Minum teh

Teh hijau dan teh hitam bersifat diuretik yang dapat mengatasi retensi cairan pada tubuh. Minum teh juga membantu mengurangi dehidrasi yang menyebabkan perut kembung. Teh ini juga bisa membantu membuang cairan berlebih dari sistem tubuh. Teh juga mengandung thearubigin yang dapat mengurangi gangguan pencernaan, dan theaflavin yang bertindak sebagai antioksidan dan dapat melindungi pencernaan dari tukak lambung.

Makan dengan perlahan

Ketika perut kembung, hindari makan terlalu cepat dan terburu-buru. Makan terlalu cepat menyebabkan tubuh menelan udara berlebih yang dapat menyebabkan gas tidak nyaman dan kembung. Alih-alih makan dengan cepat, cobalah untuk makan perlahan. Melambatkan mengunyah dengan mulut tertutup dapat meringankan kembung. Makan dengan porsi kecil juga dapat menghindari kembung bertambah parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini