Sukses

7 Suara Kucing yang Terkenal dan Makna Dibalik Suara Itu

Kucing memiliki komunikasi yang unik dibandingkan hewan-hewan peliharaan lainnya. Mengong, mengeram hingga mendengkur.

Liputan6.com, Jakarta Kucing memiliki komunikasi yang unik dibandingkan hewan-hewan peliharaan lainnya. Mengong, mengeram hingga mendengkur. Mereka bukan hanya meminta makan saja, tetapi memberi informasi kepada kamu tentang dunianya dan perasaannya. Bila kamu mendengarkan dengan cermat, kamu mungkin bisa lebih memahami suara kucing dan menggunakan pengetahuan itu untuk keuntungan kamu.

Di samping burung, kucing memiliki jangkauan vokalisasi terluas dari hewan peliharaan mana pun. Bergantung pada situasinya, kucing  mampu membuat banyak ucapan berbeda, dengan beberapa variasi, sesuai dengan kepentingan dan kondisi. Beberapa mencerminkan kepuasan dan kemudahan, sementara yang lain mengungkapkan kekhawatiran, ketakutan, atau bahkan kemarahan. Namun, semuanya menunjukkan keadaan emosi kucing kamu.

Dikutip dari moderncat.com, berikut ini adalah suara-suara yang dikeluarkan kucing dan makna dibalik suara itu seperti 

1. Meong atau Meow

Suara kucing yang mungkin paling sering terdengar. Meong pada kucing dewasa hampir secara eksklusif digunakan untuk berkomunikasi dengan manusia, dan bukan kucing lain. Pada anak kucing pertama kali juga mengucapkan meong saat membutuhkan induknya 

Umumnya, kucing yang mengeong menginginkan sesuatu perhatian atau makanan atau mungkin akses ke kamar. Namun terkadang, meow hanya berfungsi sebagai salam “selamat datang di rumah”. 

Kadang-kadang, meong bisa menandakan kesepian atau bahkan penyakit. Kucing yang lebih tua sering mengeong karena indra yang melemah atau karena cemas, tidak gesit seperti sebelumnya.

Pada kucing yang lebih muda, meong yang singkat sering kali menandakan dia merasa kesepian atau lapar. Frekuensi mengeong adalah indikator kerangka berpikir kucing, yang berarti "hei, perhatikan saya, saya sedang berbicara di sini!"

"Meowww" yang lebih panjang dan lebih sedih dapat menunjukkan kekhawatiran, gangguan, atau penolakan terhadap sesuatu. Versi ini seringkali memiliki makna yang lebih mendalam, seolah-olah dia berkata, "oh, ayolah." Dan mengeong tanpa henti dapat mengindikasikan penyakit atau cedera. Jika kamu mencurigai hal ini, pertimbangkan untuk pergi ke dokter hewan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Dengkuran

Ini mungkin suara kucing yang paling menyenangkan dan menghipnotis kamu. Dengkuran adalah suara gemuruh yang lembut, dalam, dan serak, paling sering dibuat saat kucing kamu sedang dalam suasana hati terbaik. Membelai kucing kamu dengan lembut saat dia bersarang di pangkuan kamu adalah cara yang pasti untuk mengeluarkan suara mobil yang penuh kepuasan.

Terkadang, mendengkur bisa terjadi saat kucing kamu gelisah karena sesuatu. Ini mirip dengan bagaimana kamu mungkin bersiul atau bersenandung dengan gugup saat menunggu seseorang datang untuk makan malam. 

Kunci untuk membedakan "dengkuran kekhawatiran" ini adalah postur tubuh.Jika telinga kucing kamu menghadap ke belakang dan tubuhnya tampak tegang, dengkuran menandakan kekhawatiran akan sesuatu.

 

3 dari 6 halaman

3. Mengoceh

kamu mungkin pernah mendengar kucing kamu menggertakkan giginya sambil dengan penuh harap menatap ke luar jendela. Terkadang disertai dengan kicauan, mencicit, atau tangisan samar, obrolan tersebut dianggap sebagai indikator kegembiraan kucing dan stresnya karena tidak bisa mendapatkan hadiah. 

Beberapa orang mengklaim bahwa obrolan itu sebenarnya adalah panggilan burung atau hewan pengerat yang ditiru, tetapi ini paling tidak bersifat anekdot karena kecakapan berburu kucing bergantung pada keheningan dan penyamaran.

4 dari 6 halaman

4. Mendesis

Tidak salah lagi maksud dari desisan kucing. Terdengar seperti steak yang mendesis di atas panggangan, itu berarti kucing kamu merasa terancam dan siap bertarung jika perlu. 

Bersamaan dengan suara yang mengancam, muncul perubahan dalam bahasa tubuh kucing, termasuk punggung melengkung, rambut kembung, ekor berkedut, telinga rata, dan mulut terbuka, taring siap menyerang. Saat kucing kamu menggunakan penyamaran seperti ular ini, mundurlah, dan lakukan apa yang kamu bisa untuk menghilangkan ancaman yang dirasakan.

Mendesis sangat bergantung pada persepsi dan tingkat kenyamanan masing-masing kucing. Beberapa kucing yang ramah mungkin hampir tidak pernah mendesis, sementara kucing yang lebih pemalu dan pendiam akan menggunakannya setiap kali tidak yakin dengan suatu situasi. Kucing yang dilecehkan, tersesat, atau liar lebih cenderung masuk ke "mode mendesis" daripada hewan peliharaan yang bisa menyesuaikan diri dan mudah bergaul.

 

5 dari 6 halaman

5. Meraung

Tidak seperti suara meong yang cukup gembira dan mencari-cari, meraung adalah erangan yang lebih panjang dan berlarut-larut yang menunjukkan, kekhawatiran, ketidaknyamanan, masalah teritorial atau masalah kawin. 

Teriakan seringkali merupakan komunikasi kucing ke kucing lain. Itu bisa berarti "Aku ingin kawin", atau "Aku tidak ingin kamu datang ke rumahku". Ini juga dapat terjadi ketika kucing sedang tidak enak badan, ketika indra atau fungsi kognitif menurun, atau ketika sesuatu di lingkungannya (mungkin kucing baru di blok) tidak sesuai dengan keinginannya. Beberapa kucing akan meraung hanya karena bosan.

Jika kucing kamu mulai meraung tanpa henti, periksakan ke dokter karena itu bisa jadi tanda-tanda penyakit.

6. Berteriak

Jika kucing betina yang belum disterilkan berada di luar ruangan, maka akan menarik kucing jantan, dimana kawin pasti akan terjadi. Jika hal itu menimbulkan rasa sakit bagi kucing betina, dia akan berteriak atau menjerit.

Kucing di tengah perkelahian juga bisa berteriak. Jeritan sering kali muncul setelah teriakan panjang yang tidak menyenangkan, dan biasanya menandai bekas gigitan yang menyakitkan.

 

6 dari 6 halaman

7. Geraman dan Geraman

Seringkali yang menyertai desisan adalah geraman dan geraman acak, biasanya menunjukkan ketakutan, kemarahan, atau ancaman teritorial. Tidak seperti kucing yang lebih besar, seperti harimau dan singa, geraman dan geraman kucing domestik memiliki nada yang lebih tinggi dan dapat dimulai atau diakhiri dengan mengaung. 

Umumnya, biarkan kucing ini, kecuali dia dalam bahaya dekat dari kucing lain. Kucing yang menggeram atau menggeram akan memiliki postur tubuh defensif klasik,bulu menggembung, punggung melengkung, telinga ke belakang, ekor bergerak-gerak.

Beberapa kucing pada dasarnya lebih banyak bicara daripada yang lain. Sebagai aturan umum, kucing berbulu pendek cenderung lebih banyak bicara dan ramah daripada kucing berbulu panjang. Dan jika kamu mencari kucing yang cerewet secara naluriah, pertimbangkan ras tertentu yang berasal dari Asia. Jika kamu lebih suka kucing yang tidak terlalu vokal, pertimbangkan kucing Persia, Russian Blue, Chartreux, Norwegian Forest Cat, atau Maine Coon. Ras ini cenderung lebih tenang.

Dengan mengetahui apa yang kucing kamu coba katakan, kamu akan lebih mampu memprediksi suasana hati, niat, dan kebutuhannya. Apakah dia lapar, sakit, bahagia, kesepian, suka bermain atau marah, kamu akan mengerti dan lebih siap untuk memberikan apa yang dia butuhkan. Dan kamu berdua akan dapat mengobrol kucing yang menyenangkan dan ramah kapanpun suasana hati kamu cocok!

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi kucing pastikan memberikan makanan sehat, seperti Muezza. Muezza memiliki 4 varian rasa favorit kucing, seperti Tuna, Ocean Fish, Mackerel, dan Salmon. Selain disukai anabul, brand makanan kering ini dibuat dari bahan alami yang diolah dengan teknologi modern untuk menjamin kualitas nutrisi yang sehat dan seimbang.

Bebas bahan sintetik, Muezza bukan hanya membantu menjaga kesehatan kucing tapi juga sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Meskipun liur kucing tidak najis, memilih cat food berlabel halal membuatmu lebih leluasa merawat hewan peliharaanmu. Mulai dari membelasinya tanpa khawatir terjilat, membersihkan wadah makannya, mencari lokasi penyimpanannya, memegang makanannya, hingga membawanya saat bepergian.

Punya banyak keunggulan, berikan cat food terbaik dari Muezza yang bisa dibeli di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini